Ahad 16 Jan 2011 05:24 WIB

Korban Banjir Brazil 532 Orang

Rep: nuraini/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,BRAZIL---Jumlah korban tewas akibat banjir di Rio de Janeiro, Brazil yang terjadi pekan ini terus bertambah menjadi 532 orang. Bencana alam tersebut dilaporkan yang terbesar sejak empat decade terakhir.

Sebagian besar korban tewas tersebut ditemukan tertimbun lumpur dan reruntuhan rumah pada Jumat, waktu setempat. Mereka merupakan penduduk beberapa kota yang terletak sekitar 100 km sebelah utara Rio de Janeiro. Dilaporkan Reuters, banjir tersebut juga mengakibatkan 13.500 orang kehilangan rumah.

Banjir lumpur menerjang kota pada pekan ini juga terjadi di wilayah Serrana, di luar Rio de Janeiro. Besarnya terjangan lumpur membuat rumah-rumah rata dengan tanah. Sekitar 10 ribu penduduk terpaksa mengungsi.

Jumlah korban tewas akibat banjir diperkirakan akan terus bertambah. “Masih ada korban yang tertimbun, “ ujar petugas pemadam kebakaran setempat, Rubens Placido. Sementara dia menambahkan hujan yang terus turun menyulitkan proses evakuasi. Menurut ramalan cuaca, hujan juga akan terus turun hingga akhir minggu ini di negara tersebut.