Sabtu 19 Mar 2011 12:54 WIB

Pelaku Bom Buku Pemain Lama?

Rep: A Syalaby Ichsan/ Red: Siwi Tri Puji B
Suasana beberapa saat ketika bom meledak
Foto: Twitter
Suasana beberapa saat ketika bom meledak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Irjen Pol (Purn) Ansyaad Mbai, yakin bahwa pelaku bom buku yang marak terjadi pada pekan ini adalah pemain lama. Ansyaad menjelaskan polisi kita sedang dalam upaya penyelidikan untuk menangkap kelompok tersebut.

"Kita percayakan kepada polisi yang sudah hapal karakter kelompok mana pelaku ini. Perlu bukti tajam sekali untuk menangkap mereka," ungkap Ansyaad usai diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (19/3). Meski tidak mau secara spesifik menyebutkan siapa kelompok tersebut, Ansyaad meyakini mereka bukan pemain baru."Pemain lama," singkatnya.

Kalau pun ada pelaku baru, Ansyaad yakin bahwa pelaku merupakan hasil rekrutmen dari pemain lama. Hal tersebut, ujar Ansyaad, menunjukkan bahwa kaderisasi kelompok teroris masih terus berjalan.

Indikasi bahwa pelaku merupakan pemain lama, ungkap Ansyaad, terlihat dari siapa target bom buku tersebut yang secara ideologis berseberangan dengan kelompok itu. Menurutnya, Ulil Absar Abdala, Komjen Pol Gorys Mere, Ahmad Dhani, dan Yapto S Soeryosumarno adalah simbol perlawanan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement