Sabtu 24 Jul 2010 02:43 WIB

Mulai Agustus, Program Raskin Banyumas Salurkan Beras Baru

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Budi Raharjo
Beras Bulog
Foto: Edwin/Republika
Beras Bulog

REPUBLIKA.CO.ID,BANYUMAS--Beras yang disalurkan dalam program raskin mulai Bulan Agustus mendatang, tak akan ada lagi yang berkualitas buruk. Kabulog Bulog Sub Divre IV Banyumas, Witono, melalui humasnya, Priyono, menyebutkan mulai Agustus 2010 sebagian besar beras yang akan didistribusikan ke warga miskin di empat wilayah kabupaten eks Karesidenan Banyumas, merupakan beras dari program pengadaan tahun 2010.

Dengan demikian, kemungkinan adanya keluahan masyarakat soal beras program raskin yang berbau apek, berwarna kuning atau bahkan sudah berkutu, sudah tidak ada lagi. ''Beras yang akan didistribusikan dalam program raskin mulai Agustus mendatang, sebagian besar merupakan beras baru,'' kata Priyono, Jumat (23/7).

Meski demikian dia menyebutkan, saat ini masih tersisa sekitar 1.300 ton beras yang merupakan stok dari pengadaan tahun 2009. ''Beras ini, juga akan ikut didistribusikan dalam program raskin Agustus. Namun dibandingkan dengan total kebutuhan raskin di empat kabupaten sebanyak 5.792 ton per bulan, maka beras pengadaan 2009 yang disalurkan hanya tinggal sedikit,'' tambahnya.

Soal kemungkinan penyaluran raskin diajukan untuk meredam melonjaknya harga beras yang makin tidak terkendali, Priyono mengaku, saat ini memang ada wacana untuk menggabungkan jatah penyaluran raskin selama dua bulan. Artinya, jatah raskin untuk Agustus dan September, akan disalurkan seluruhnya pada Bulan Agustus.

''Tapi penyalurannya, tidak dilakukan berbarengan. Bila jatah raskin bulan Agustus disalurkan pada minggu pertama Agustus, maka jatah untuk bulan September, disalurkan pada pekan ketiga Bulan Agustus juga,'' jelasnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement