Rabu 17 Nov 2010 07:50 WIB

Ribuan Umat Islam Rayakan Idul Adha di Bali

Rep: aas/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR--Perbedaan pelaksanaan hari raya Idul Adha, tidak mengurangi kekhusyukan ribuan umat Islam yang berlebaran, Selasa (16/11). Sekurangnya ada empat tempat pelaksanaan shlat Ied di Denpasar, yakni di lapangan Renon, di musholla SD Muhammadiyah I, SD Muhammadiyah II dan musholla SMP/SMA Muhammadiyah Denpasar.

Dalam khutbah Iedul Adha di SD Muhammaiyah I Denpasar, Sya'ban SAg mengemukakan, perbedaan pelaksanaan sholat Iedul Adha, bukannya aib, tetapi dapat memperkaya syiar Islam. Perbedaan melihat suatu masalah, termasuk dalam menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah biasa terjadi dan itu sudah bisa diterima secara besar hati oleh seluruh lapisanumat Islam. "Kita yang melaksanakan sholat Ied disini, karena menyaksikan bahwa para haji telah menyelesaikan wukuf, yang berarti hari ini kita harus berlebaran," katanya.

Pada bagian lain khutbahnya, Sya'ban menguraikan kemakmuran yang diperoleh masyarakat kota Mekkah, tidak lepas dari doa Nabiullah Ibrahim. Karena doa beliau-lah kata Sya'ban, Allah menurunkan kemakmuran bagi penduduk Mekkah. "Coba bandingkan dengan negara kita, yang terkenal dengan negeri yang subur, tapi penduduknya miskin. Sementara Mekkah merupakan negeri yang tandus, tapi masyarakatnya makmur," katanya.

Sementara itu, dalam pelaksanaan sholat Iedul Adha di SD Muhammadiyah I Denpasar kemarin, banyak umat Islam yang tidak kebagian tempat, padahal panitia telah menyiapkan tempat di gedung dakwah yang memiliki tiga lantai. Selain menggunakan gedung musholla, ruang pertemuan dan ruang kelas juga dipenuhi umat yang menunaikan sholat Iedul Adha.

Apakah Anda orang yang pandai berbicara

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيْعًاۚ يٰمَعْشَرَ الْجِنِّ قَدِ اسْتَكْثَرْتُمْ مِّنَ الْاِنْسِ ۚوَقَالَ اَوْلِيَاۤؤُهُمْ مِّنَ الْاِنْسِ رَبَّنَا اسْتَمْتَعَ بَعْضُنَا بِبَعْضٍ وَّبَلَغْنَآ اَجَلَنَا الَّذِيْٓ اَجَّلْتَ لَنَا ۗقَالَ النَّارُ مَثْوٰىكُمْ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اِلَّا مَا شَاۤءَ اللّٰهُ ۗاِنَّ رَبَّكَ حَكِيْمٌ عَلِيْمٌ
Dan (ingatlah) pada hari ketika Dia mengumpulkan mereka semua (dan Allah berfirman), “Wahai golongan jin! Kamu telah banyak (menyesatkan) manusia.” Dan kawan-kawan mereka dari golongan manusia berkata, “Ya Tuhan, kami telah saling mendapatkan kesenangan dan sekarang waktu yang telah Engkau tentukan buat kami telah datang.” Allah berfirman, “Nerakalah tempat kamu selama-lamanya, kecuali jika Allah menghendaki lain.” Sungguh, Tuhanmu Mahabijaksana, Maha Mengetahui.

(QS. Al-An'am ayat 128)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement