Pemerintah Sudah Serahkan Daftar Calon Anggota KIP ke DPR

Untuk selanjutnya, fit and proper test akan dilakukan oleh Komisi I DPR RI.

Selasa , 18 Jan 2022, 20:40 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan pemerintah telah menyerahkan nama-nama calon Komisioner Komisi Infomasi Pusat (KIP) kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Nama-nama itu diserahkan oleh Presiden Joko Widodo ke DPR setelah sebelumnya Panitia Seleksi Rekrutmen Calon Anggota KIP Periode 2021-2025 menyelesaikan tahapan seleksi.

"Untuk selanjutnya, fit and proper test akan dilakukan oleh Komisi I DPR RI. Terkait fit and proper test, hal itu akan dilakukan DPR RI. Jadi kita tunggu saja dari DPR," ujar Menkominfo di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta Selatan, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga

Menteri Johnny juga menegaskan bahwa proses seleksi anggota KIP berlangsung secara terbuka. "Semua proses seleksi dilaksanakan secara terbuka, semuanya terbuka," imbuhnya.

Ketua Panitia Seleksi yang juga Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong, menyatakan panitia seleksi telah menyelesaikan seluruh tahapan seleksi sesuai dengan Keputusan Menkominfo Nomor 407 Tahun 2021 tentang Pedoman Rekrutmen Calon Anggota Komisi Informasi Pusat Periode 2021-2025. "Pansel sudah menyelesaikan tahapan pengumuman, seleksi administratif, penulisan makalah, asesmen, rekam jejak, wawancara, hingga menetapkan nama-nama calon," jelasnya.

Pada Jumat (3/12/2021), Panitia Seleksi Rekrutmen Calon Anggota Komisi Informasi Pusat Periode2021-2025 yang diketuai Usman Kansong dan beranggotakan Philip Gobang, Ahmad M Ramli, Hikmahanto Juwana, Slamet Soedarsono, Ninok Leksono dan Abdul Malik Gismar, telah menetapkan 21 nama calon anggota Komisi Informasi Pusat periode 2021-2025. Nama calon anggota KIP periode 2021-2025 yang telah disampaikan oleh Presiden kepada DPR RI berdasarkan abjad adalah sebagai berikut. 

Arya Sandhiyudha, Billie Yoseph Bibianus, Cosmas Gatot Haryono, Donny Yoesgiantoro, Endra Mayendra, Fuad, Gede Narayana, Handoko Agung Saputro, Ida Bagus Alit Wiratmaja, Ita Rosita, dan Nani Nurani Muksin. Lebih lanjut, Netty Herawaty, Romanus Ndau, Rospita Vici Paulyn, Samrotunnajah Ismail, Setyardi Widodo, Syawaludin, Teguh P. Nugroho, Wa Ode Asmawati, Wahyu Kuncoro, dan Wahyu Triono.

 

 

Sumber : Antara