Sabtu 14 Nov 2015 23:48 WIB

Empat Cara Tetap Sehat Saat Bekerja di Kantor

Rep: C39/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Banyak faktor yang menyebabkan pekerja kantoran kerap sakit, AC yang terlalu dingin sampai faktor bos yang menuntut baru sebagian penyebabnya.
Foto: patch
Banyak faktor yang menyebabkan pekerja kantoran kerap sakit, AC yang terlalu dingin sampai faktor bos yang menuntut baru sebagian penyebabnya.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menjadi pekerja kantoran bisa menjadi malapetaka bagi sebagian orang. Hal ini akan terjadi Anda tidak melakukan kebiasaan sehat seperti merapikan ruang kerja, menyediakan camilan sehat, dan minum air putih yang banyak.

Seorang ahli Osteorapi dan penulis buku The Body Doesn’t Lie, Vicky Vlachonis berbagai tentang empat cara sehat yang harus Anda lakukan di tempat kerja, khususnya di perkantoran. Berikut penjelasan dokter wanita tersebut, seperti dilansir dari Womenshealthmag, Sabtu (14/11).

Merapikan ruang kerja

Vlachonis mengatakan, ruang kerja memiliki pengaruh besar terhadap suasana hati Anda dan mampu untuk mengatasi stres. Dalam sebuah studi di Princeton University, peneliti menemukan bahwa lingkungan yang berantakan akan mengurangi kemampuan otak Anda untuk fokus, bahkan bisa stres.

Jadi, buanglah kertas-kertas yang tidak terpakai dan pasang beberapa foto untuk membuat meja Anda merasa sedikit lebih santai dan ceria.

Mengisi laci dengan camilan sehat

Usahakan Anda memesan meja kantor yang dilengkapi laci. Menurut Vlachonis, dengan begitu Anda akan memiliki segala hal yang dibutuhkan untuk menyehatkan tubuh Anda.

“Isilah laci Anda dengan camilan sehat seperti buah, kacang-kacangan, popcorn (non-mentega), dan apapun yang membuat Anda merasa sehat,” jelasnya.

Menyiapkan minyak oles

Menurut Vlachonis, minyak atsiri yang terkandung dalam tanaman dapat menjadi tambahan di laci kesehatan Anda. Anda bisa menggunakan dengan cara membukanya kemudian menghirupnya, dengan menggosoknya, atau juga bisa menempatkan beberapa tetes dalam air Anda. Minyak tersebut dapat meningkatkan sistem pencernaan dan membantu melawan stres.

“Jika Anda merasa sakit kepala saat stres, oleskan beberapa tetes minyak cedarwood ke tangan Anda antara ibu jari dan jari telunjuk, dan pijatlah selama 10 sampai 15 detik. Ini akan membantu meredakan ketegangan dan sakit kepala,” Kata Vlacchonis.

Meminum air yang banyak

Banyak waktu yang Anda habiskan di kantor setiap hari, sehingga kadang Anda tidak mampu untuk menahan hidrasi sampai Anda pulang kerja. Jika Anda mempunyai kebiasaan buruk ini, Anda akan sakit kepala, sembelit, dan kelelahan. Jadi, ambillah sebotol air untuk bekerja setiap hari, dan segera isi ulang jika habis.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement