Selasa 02 Aug 2016 07:52 WIB

Tiru Pola Makan Atlet dengan 4 Tips Ini

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Kebugaran atlet salah satunya diperoleh lewat pola makan yang baik.
Foto: Antara
Kebugaran atlet salah satunya diperoleh lewat pola makan yang baik.

REPUBLIKA.CO.ID, Dua kunci kebugaran para atlet ialah olahraga rutin dan juga pola makan yang sehat. Pola makan ini merupakan 'bahan bakar' yang menjadi kunci kesuksesan para atlet untuk mencapai hasil dari berolahraga yang lebih maksimal.

Tanpa diiringi pola makan yang baik, sulit untuk bisa mendapatkan tubuh yang bugar seperti para atlet. Flux Magazine merangkum empat tips utama untuk menerapkan pola makan yang sehat seperti para atlet.

Perencanaan

Pola makan para atlet harus diatur dengan seksama. Pola makan para atlet pasti dipersiapkan dengan baik setiap hari dan tentunya memiliki keseimbangan gizi yang baik pula. Dengan begitu, tiap menu makanan yang disantap para atlet memiliki manfaat bagi kebugaran tubuh.

Perencanaan makan ini bisa disusun setiap minggu. Perencanaan pola makan dengan gizi yang seimbang memang melibatkan banyak hal. Akan tetapi, pemula bisa menyusun pola makan dengan memperhatikan keseimbangan protein dan karbohidrat terlebih dahulu.

Karbohidrat

Jika melakukan olahraga rutin, maka pola makan yang disusun juga perlu mengandung karbohidrat tinggi sebagai sumber energi. Jumlah kandungan karbohidrat dalam pola makan juga perlu disesuaikan dengan intensitas olahraga yang dilakukan.

Jika Anda hanya melakukan olahraga ringan selama setengah jam dalam satu hari, maka perlu mengonsumsi 3-5 gram karbohidrat per 1 kg berat badan. Jika Anda melakukan olahraga dua kali lebih intens, maka jumlah asupan karbohidrat yang diperlukan ialah 5-7 gram per 1 kg berat badan.

Untuk olahraga latihan ketahanan lebih berat yang dilakukan 1-3 jam per hari, diperlukan 6-10 gram karbohidrat per 1 kg berat badan. Jika olahraga tersebut dilakukan selama empat jam atau lebih per hari, maka karbohidrat yang diperlukan tubuh ialah sebanyak 8-12 gram per 1 kg berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement