Senin 21 Mar 2016 18:11 WIB

TGH Hasanain Juaini 15 Tahun Merintis Upaya Penghijauan

Rep: Qomarria Rostanti/ Red: Agung Sasongko
Tuan Guru Hasanain
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Tuan Guru Hasanain

REPUBLIKA.CO.ID,‎ JAKARTA -- Malam ini Republika memberikan penghargaan pada lima tokoh yang dinilai inspiratif dan mampu membawa semangat perubahan positif. Salah satunya yakni pendiri dan pimpinan Pesantren Nurul Haramain TGH Hasanain Juaini.

Wakil Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaedi mengatakan Hasanain dipilih karena sejak lebih dari 15 tahun merintis dan menggerakkan upaya penghijauan. "Hasilnya, 36 hektare lahan gundul di Lombok Barat, dan sekitar 56 hektare lahan gundul di Pulau Lombok dan Sumbawa, berhasil dihijaukan," kata Irfan di Jakarta, Senin (21/3).

Bersama ribuan santrinya, tiap tahun Pendiri dan Pimpinan Ponpes Nurul Haramain, Desa Lembuak, Lombok Barat ini menanam tiga juta pohon. Ia pun menyiapkan satu juta hingga 1,5 juta bibit pohon yang dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

Tokoh lain yang mendapat penghargaan tersebut yaitu Hotlin Ompusunggu. Ia mendapat penghormatan ini atas aktivitasnya menghentikan pembalakan liar di hutan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP), Kalimantan Barat. Melalui Yayasan Asri yang didirikan bersama teman temannya, dokter gigi ini melakukan kegiatan pemberdayaan dengan menggabungkan layanan kesehatan dan konservasi.

 

Selama lima tahun berjalan, jumlah pembalak berkurang drastis, dari 1.360 keluarga pembalak , menjadi  tinggal 450 keluarga. “Kondisi kesehatan masyarakat membaik dengan berkurangnya kasus sakit. Kondisi ekonomi masyarakat pun membaik dengan sumber penghasilan bukan dari kayu hutan,” jelas Irfan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement