Rabu 31 Jan 2018 20:22 WIB

Wakil Ketua DPR Dukung Evaluasi Anggaran Otsus Papua

Taufik sependapat jika dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dana Otsus Papua

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bayu Hermawan
Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan sependapat jika dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dana otonomi khusus Papua. Hal ini setelah dana otsus Papua yang begitu besar dinilai tak mampu menyelesaikan persoalan di Papua, salah satunya wabah campak dan gizi buruk yang terjadi di Kabupaten Asmat, Papua.

"Perubahan menuju kemakmurannya ini belum signifikan, di mana kebocorannya, ya sudah kita evaluasi semua pada pola transparansi akuntabilitas anggaran, tidak hanya Papua, semua," ujar Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (31/1).

Karenanya, ia menilai perlu mencari akar permasalahannya dari implementasi dana otsus Papua. Khususnya terkait tepat atau tidaknya sasaran dana otsus tersebut. Menurutnya, evaluasi harus menjabarkan setransparan mungkin serta pertanggungjawabanannya.

"Artinya transparan itu untuk apa saja yang ratusan triliun dan akutabilitas ya tentunya bisa dipertanggung jawaban secara akuntable," ujarnya.

Ia pun mempersilahkan dalam evaluasi anggaran tersebut menyertakan penegak hukum baik KPK, Polisi maupun kejaksaan untuk memproses hukim jika ada penyalahgunaan dalam anggaran.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا اَوْ كَذَّبَ بِاٰيٰتِهٖۗ اُولٰۤىِٕكَ يَنَالُهُمْ نَصِيْبُهُمْ مِّنَ الْكِتٰبِۗ حَتّٰٓى اِذَا جَاۤءَتْهُمْ رُسُلُنَا يَتَوَفَّوْنَهُمْۙ قَالُوْٓا اَيْنَ مَا كُنْتُمْ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗقَالُوْا ضَلُّوْا عَنَّا وَشَهِدُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ اَنَّهُمْ كَانُوْا كٰفِرِيْنَ
Siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah atau yang mendustakan ayat-ayat-Nya? Mereka itu akan memperoleh bagian yang telah ditentukan dalam Kitab sampai datang para utusan (malaikat) Kami kepada mereka untuk mencabut nyawanya. Mereka (para malaikat) berkata, “Manakah sembahan yang biasa kamu sembah selain Allah?” Mereka (orang musyrik) menjawab, “Semuanya telah lenyap dari kami.” Dan mereka memberikan kesaksian terhadap diri mereka sendiri bahwa mereka adalah orang-orang kafir.

(QS. Al-A'raf ayat 37)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement