Rabu 11 Dec 2013 08:32 WIB

Suami Sering Selingkuh dan Menikah Lagi

Red: Endah Hapsari
Selingkuh/ilustrasi
Foto: telegraph.co.uk
Selingkuh/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Saya seorang ibu rumah tangga berusia 49 tahun, suami saya 45 tahun dan bekerja di sebuah perusahaan swasta sebagai manager pemasaran. Kami menikah sudah 19 tahun dan dikaruniai seorang anak (18 tahun) yang sekarang sudah kuliah tingkat I. Selama perkawinan, suami sudah tiga kali selingkuh dengan 3 wanita yang berbeda. Yang terakhir, hubungannya dengan wanita itu sangat serius bahkan sampai menikah dengan mengaku status masih bujangan.

Saya pasrah saja karena saya pikir perilaku suami saya sudah tidak bisa diubah lagi. Terus terang sejak 5 tahun terakhir ini kami tidak lagi berhubungan seksual. Tapi ia sama sekali tidak mau menceraikan saya karena menurutnya tidak ada alasan baginya menceraikan saya. Dan selama ini dia melihat saya sebagai ibu yang baik bagi anak saya dan istri yang baik baginya. Saya sendiri ingin bercerai namun menunggu samapi anak saya selesai kuliah dan bisa hidup mandiri. Pertanyaan saya:

1. Saya dan anak saya sebenarnya berencana untuk mendatangi rumah wanita itu untuk memintanya ''mundur'' meninggalkan suami saya. Apakah menurut Ibu hal ini perlu dilakukan? 

2. Saya juga tidak mengerti apakah laki-laki yang sudah menikah bisa menikah lagi secara sah dengan mengaku sebagai bujangan?