Selasa 05 Jul 2011 13:43 WIB

Zainuddin MZ Pilih Dimakamkan Dekat Umat

Rep: Agung Sasongko/ Red: Djibril Muhammad
Keluarga dan kerabat berdoa di dekat jenazah KH Zainuddin MZ di rumah duka, kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Selasa (5/7).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Keluarga dan kerabat berdoa di dekat jenazah KH Zainuddin MZ di rumah duka, kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Selasa (5/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Almarhum Zainuddin MZ menurut rencana akan dimakamkan di masjid Fajrul Islam, dekat rumah almarhum. Lokasi itu sengaja dipilih untuk memudahkan jamaah yang hendak berziarah.

"Iya mas, beliau menghendaki ketika meninggal dimakamkan tak jauh dari masjid," kata salah seorang Jamaah, Ilham kepada Republika.co.id, Selasa (4/7).

Menurut Ilham, keinginan itu mencerminkan ahlak beliau yang luar biasa. "Meninggal saja, dia masih memikirkan umat," kata dia.

Tak heran, kata dia, disaat almarhum mengutarakan niat itu, warga setempat begitu bahagia. Sebab, warga tidak akan berjauh-jauh dengan panutannya itu.

Dari pantauan Republika, galian makam terus dilakukan para warga. Dengan menggunakan sekop dan pacul, warga bahu membahu mengali tempat peristirahatan terakhir Zainuddin MZ.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَحْلِفُوْنَ بِاللّٰهِ مَا قَالُوْا ۗوَلَقَدْ قَالُوْا كَلِمَةَ الْكُفْرِ وَكَفَرُوْا بَعْدَ اِسْلَامِهِمْ وَهَمُّوْا بِمَا لَمْ يَنَالُوْاۚ وَمَا نَقَمُوْٓا اِلَّآ اَنْ اَغْنٰىهُمُ اللّٰهُ وَرَسُوْلُهٗ مِنْ فَضْلِهٖ ۚفَاِنْ يَّتُوْبُوْا يَكُ خَيْرًا لَّهُمْ ۚوَاِنْ يَّتَوَلَّوْا يُعَذِّبْهُمُ اللّٰهُ عَذَابًا اَلِيْمًا فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ ۚوَمَا لَهُمْ فِى الْاَرْضِ مِنْ وَّلِيٍّ وَّلَا نَصِيْرٍ
Mereka (orang munafik) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakiti Muhammad). Sungguh, mereka telah mengucapkan perkataan kekafiran, dan telah menjadi kafir setelah Islam, dan menginginkan apa yang mereka tidak dapat mencapainya; dan mereka tidak mencela (Allah dan Rasul-Nya), sekiranya Allah dan Rasul-Nya telah melimpahkan karunia-Nya kepada mereka. Maka jika mereka bertobat, itu adalah lebih baik bagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih di dunia dan akhirat; dan mereka tidak mempunyai pelindung dan tidak (pula) penolong di bumi.

(QS. At-Taubah ayat 74)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement