Ahad 08 Jan 2012 14:31 WIB

Mantan Presiden Pakistan Musharraf akan Ditangkap

Rep: satya festiani/ Red: M Irwan Ariefyanto
Pervez Musharraf
Foto: ap
Pervez Musharraf

REPUBLIKA.CO.ID,ISLAMABAD -- Dituding terlibat pembunuhan Mantan Perdana Menteri, Benazir Bhutto, kejaksaan Pakistan mengeluarkan surat penangkapan terhadap mantan Presiden Pakistan, Pervez Musharraf. “Ia akan ditangkap jika kembali ke negara ini,” ujar jaksa penuntut pemerintah, Chaudhry Zulfiqar Ali.

Sebelumnya pengadilan telah mengeluarkan perintah penangkapan terhadap Musharraf pada Februari 2011. Namun perintah penangkapan ini dikaitkan dengan kegagalan Musharraf menyediakan keamanan untuk Bhutto.

Musharraf dijadikan buronan karena tidak merespon panggilan pengadilan.

Beberapa jam sebelum jaksa menyatakan Musharraf terlibat, ia sempat memberitahu kantor  berita Pakistan bahwa ia akan kembali pada Januari 2012 untuk mengikuti pemilu parlemen. Ia dijadwalkan akan berkampanye melalui video di beberapa kota di Pakistan.

Musharraf saat ini mengepalai Liga Muslim Pakistan, partai politik minoritas yang tidak memiliki dukungan besar di Pakistan. Beberapa pendukungnya bahkan telah keluar dari organisasi tersebut.

Juru bicara Musharraf, Fawad Chaudhry, mengatakan surat penangkapan Musharraf tidak legal. “Kami telah naik banding mengenai surat penangkapan ini di pengadilan,” ujar Chaudhry. Ia pun mengatakan Musharraf akan kembali memerintah negara ini.

Musharraf tinggal di London dan Dubai sejak 2008 ketika pemerintah Pakistan memintanya untuk mengundurkan diri. Pada November 2011 lalu. Pengadilan Pakistan mendakwa tujuh orang, yakni dua petugas polisi dan lima pejuang Taliban, terkait pembunuhan Bhutto. Saat itu Musharraf tidak menjadi tersangka.

Bhutto tewas pada 2007 pada sebuah serangan bom bunuh diri dan serangan senjata dekat ibu kota, Islamabad, setelah kembali dari pemilu. Pada saat itu, Musharraf menyalahkan Taliban atas kematiannya. Namun jaksa penuntut menuduhnya sebagai bagian dari perencana pembunuhan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اِلَى الْمَلَاِ مِنْۢ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ مِنْۢ بَعْدِ مُوْسٰىۘ اِذْ قَالُوْا لِنَبِيٍّ لَّهُمُ ابْعَثْ لَنَا مَلِكًا نُّقَاتِلْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗ قَالَ هَلْ عَسَيْتُمْ اِنْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ اَلَّا تُقَاتِلُوْا ۗ قَالُوْا وَمَا لَنَآ اَلَّا نُقَاتِلَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَقَدْاُخْرِجْنَا مِنْ دِيَارِنَا وَاَبْنَاۤىِٕنَا ۗ فَلَمَّا كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقِتَالُ تَوَلَّوْا اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْهُمْ ۗوَاللّٰهُ عَلِيْمٌ ۢبِالظّٰلِمِيْنَ
Tidakkah kamu perhatikan para pemuka Bani Israil setelah Musa wafat, ketika mereka berkata kepada seorang nabi mereka, “Angkatlah seorang raja untuk kami, niscaya kami berperang di jalan Allah.” Nabi mereka menjawab, “Jangan-jangan jika diwajibkan atasmu berperang, kamu tidak akan berperang juga?” Mereka menjawab, “Mengapa kami tidak akan berperang di jalan Allah, sedangkan kami telah diusir dari kampung halaman kami dan (dipisahkan dari) anak-anak kami?” Tetapi ketika perang itu diwajibkan atas mereka, mereka berpaling, kecuali sebagian kecil dari mereka. Dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang zalim.

(QS. Al-Baqarah ayat 246)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement