Kamis 19 Apr 2012 22:44 WIB

One Day No Rice akan Pecahkan Rekor MURI

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hafidz Muftisany
Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail
Foto: Republika/Fachrul Ratzi
Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota Depok akan pecahkan rekor museum rekor Indonesia (MURI), dengan kategori 'Makan Makanan Non Beras Dengan Peserta Terbanyak '. Tidak kurang dari 24.520 pelajar, dari tingkat sekolah dasar, sampai dengan tingkat atas sekota Depok, akan dilibatkan dalam acara yang rencananya akan dilaksanakan Minggu, (22/4) mendatang di Kota Depok.

"Acara tersebut langkah nyata selanjutnya dalam rangka program one day no rise (ONDR), yang sedang dicanangkan di Kota Depok," terang Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail, Kamis (19/4) sore.

Mahmudi menjelaskan, dengan melibatkan para pelajar, dirinya berharap, program ONDR akan berjalan dengan efektif, setelah selama ini hanya diterapkan di lingkungan Pemerintahan Kota Depok.

"Mulai menyadarkan dari tingkat pendidikan, dan melalui kurikulum pembelajaran," kata Mahmudi.

 

Digelaran acara tersebut, Mahmudi menambahkan, setiap kelompok peserta didik akan dibimbing oleh 1200 pembimbing, yang memberikan pengarahan dan penjelasan tentang makna ODNR itu sendiri.

Program ODNR, merupakan program diversifikasi pangan nasional yang pernah ada dizaman pemerintahan Soeharto, yang ditiru Wali Kota Depok, untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap beras maupun terigu. Program tersebut dimaksudkan untuk mengembalikan kearifan pangan lokal, seperti umbi-umbian, kacang-kacangan, dan produk karbohidrat non beras lainnya.a

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement