REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI – Sejumlah lokasi penawaran jasa servis motor di Kota Bekasi, Jawa Barat, mengalami peningkatan pelayanan hingga dua kali lipat menjelang mudik Lebaran 2012.
Berbagai strategi bisnis mulai dari pemberian potongan harga hingga undian berhadiah juga dilakukan para pengusaha demi mendatangkan konsumen dalam jumlah banyak.
Salah satunya terpantau di bengkel pelayanan servis motor Honda PT Daya Anugerah Motor (DAM) di kawasan Kalimalang Bekasi.
"Biasanya rata-rata per bulan pada hari normal kita sanggup melayani 1.700 motor. Menjelang Lebaran ini ada peningkatan bisa dua kali lipatnya," ujar Kepala Bengkel PT DAM, Muhamad Ramdan, Selasa (7/8).
Menurut dia, pihaknya memberikan potongan harga servis hingga 20 persen, khusus bagi pemegang member DAM. Mereka pun berhak memperoleh potongan harga 5-15 persen untuk seluruh jenis suku cadang.
"Bahkan, selama Agustus ini kami mengadakan undian berhadiah langsung berupa gantungan kunci, sarung, suku cadang, dan lainnya bagi setiap konsumen yang datang," kata Ramdan.
Tingginya minat konsumen memperbaiki motor di lokasi tersebut, kata dia, memaksa pihak bengkel menambah kembali dua pit servis dari delapan pit menjadi 10 pit. "Kami memberi jaminan penyelesaian servis tidak lebih dari 30 menit. Kalau lebih kami gratiskan biayanya," ujarnya.
Hal serupa juga dialami Bengkel Pekayon Jaya Motor yang memperbaiki khusus sepeda motor Yamaha di Kawasan Pekayon, Bekasi Selatan. "Peningkatannya bisa dua kali lipat. Dari rata-rata hanya 85 motor per hari, sekarang bisa sampai 150 motor lebih per harinya," ujar Bejo, salah satu tenaga mekanik.