Senin 27 Aug 2012 17:39 WIB

Hujan Bantu Pemadaman Kebakaran Lereng Slamet

Rep: eko widiyatno/ Red: Taufik Rachman
Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA -- Hujan yang turun di kawasan lereng utara, membantu upaya berbagai pihak untuk memadamkan api yang membakar kawasan hutan di lereng Gunung Slamet Jawa Tengah.

''Hujan cukup deras yang sempat turun Ahad (26/8) sore cukup lama. Hujan ini benar-benar sangat membantu usaha kita untuk mengatasi kobaran api,'' kata Administratur Kesatuan Pemangku Hutan Perum Perhutani Banyumas Timur, Budi Widodo, Senin (27/8).

Menurutnya, dengan bantuan hujan tersebut, api yang sebelumnya sempat menyebar ke beberapa titik, sudah berhasil dipadamkan. Meski belum seluruhnya padam, namun hal ini memudahkan warga dan petugas yang dikirim untuk memadamkan api, untuk menjinakkan api yang saat ini masih menyala.

''Hanya tinggal dua atau tiga titik yang masih menyala di sekitar lokasi Kali Baya yang menjadi batas wilayah Kabupaten Purbalingga dan Pemalang. Kita sedang berupaya melokalisir api dengan membuat parit di sekitar titip api, agar tidak menyebar lagi,'' katanya. Dia berharap, hujan akan turun lagi sehingga upaya pemadaman api akan semakin cepat.