Selasa 23 Oct 2012 13:53 WIB

Bolehkah Mengkonsumsi Obat Pencegah Haid? (1)

Rep: Nashih Nashrullah/ Red: Chairul Akhmad
Gangguan haid/Ilustrasi
Foto: Musiron/REPUBLIKA
Gangguan haid/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Haid bagi perempuan normal secara umum memiliki siklus bulanan. Bila seseorang haid, ia tidak diperbolehkan melakukan ibadah tertentu, seperti shalat, puasa, membaca Alquran, dan tawaf.

Seiring perkembangan dunia kedokteran dan farmasi, para ahli medis menemukan obat yang bisa digunakan untuk mencegah haid.

Penggunaannya oleh Muslimah dengan tujuan optimalisasi ibadah pun mengundang pertanyaan. Bolehkah, misalnya, mengkonsumsi obat tersebut agar bisa puasa penuh dan melakukan manasik secara utuh?

Mayoritas ulama mazhab menyatakan pandangan yang sama, yaitu Muslimah boleh mengkonsumsi obat pencegah haid selama tindakan itu tidak membahayakan kesehatan dirinya. Menurut Mazhab Hanafi, jika ia meminum obat, lalu darah haid tidak keluar maka siklus bulanan tersebut dinyatakan bukan lagi siklus menstruasi.

Misalnya, si A jadwal haidnya jatuh pada pekan ketiga tiap bulan. Bila haid tak kunjung datang maka siklus bulanan itu gugur. Tetapi, jika ternyata pada tempo itu keluar darah maka itu dianggap menstruasi. Meski, sudah meminum pencegah haid.

Mazhab Maliki menambahkan, tidak keluarnya darah pada siklus sebagai dampak obat berarti tidak menggugurkan kewajiban tawaf, shalat lima waktu, atau puasa Ramadhan. Sebaliknya, jika digunakan untuk mempercepat haid maka darah itu dikategorikan menstruasi.

Ini berlaku dalam bidang ibadah, sementara berkenaan dengan idah, darah haid yang keluar akibat obat tidak dijadikan sebagai dasar ketidakhamilan dan habisnya masa idah itu.

Mazhab Syafi’i mengatakan, penggunaan obat untuk mempercepat haid bagi perempuan yang belum balig, lantas darah itu keluar, maka ia telah dianggap balig dan telah wajib melaksanakan perintah syariat.

Sedangkan, mengkonsumsi obat pencegah haid, tidak berdampak pada kewajiban qadha atau mengganti ibadah yang ditinggalkan, puasa Ramadhan, misalnya. Ini berarti, bila obat tersebut efektif menghalangi haid maka ia tetap wajib shalat fardhu dan berpuasa Ramadhan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْتَفْتُوْنَكَۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِى الْكَلٰلَةِ ۗاِنِ امْرُؤٌا هَلَكَ لَيْسَ لَهٗ وَلَدٌ وَّلَهٗٓ اُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَۚ وَهُوَ يَرِثُهَآ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهَا وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَتَا اثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا الثُّلُثٰنِ مِمَّا تَرَكَ ۗوَاِنْ كَانُوْٓا اِخْوَةً رِّجَالًا وَّنِسَاۤءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْاُنْثَيَيْنِۗ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اَنْ تَضِلُّوْا ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu), jika seseorang mati dan dia tidak mempunyai anak tetapi mempunyai saudara perempuan, maka bagiannya (saudara perempuannya itu) seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mewarisi (seluruh harta saudara perempuan), jika dia tidak mempunyai anak. Tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki-laki dan perempuan, maka bagian seorang saudara laki-laki sama dengan bagian dua saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, agar kamu tidak sesat. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

(QS. An-Nisa' ayat 176)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement