Jumat 09 Nov 2012 16:38 WIB

Palestina Beberkan Resolusi Keanggotaan PBB

Red: Yudha Manggala P Putra
Bendera Palestina berkibar
Foto: goldenraindrop.wordpress.com
Bendera Palestina berkibar

REPUBLIKA.CO.ID, PBB -- Utusan Palestina, Kamis (8/11) waktu setempat, meluncurkan resolusi yang mereka harap akan memberikan status keanggotaan sebagai pengamat di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) namun menahan diri untuk menetapkan tanggal pemungutan suara.

Dengan sikap Amerika Serikat yang tetap tegas menentang langkah itu, dan pemerintahan baru Presiden Barack Obama yang masih mempertimbangkan langkah selanjutnya untuk upaya perdamaian Timur Tengah, para menteri luar negeri Liga Arab dijadwalkan membahas resolusi itu pekan depan, kata para diplomat.

Misi Palestina untuk PBB mengirimkan surat yang berisikan usulan resolusinya kepada para anggota PBB. Palestina juga mengatakan akan menginformasikan tanggal pemungutan pada 193 anggota Majelis Umum PBB "pada tanggal yang akan diumumkan dalam waktu dekat."

Resolusi itu akan menyeru Majelis Umum untuk memberikan status pengamat kepada Palestina dan mendesak 15 negara anggota Dewan Keamanan untuk "memberikan pertimbangan menguntungkan" pada permohonan keanggotaan penuh yang dibuat tahun lalu oleh Presiden Mahmud Abbas.