Senin 17 Dec 2012 15:38 WIB

Hatta: Insiden Mati Listrik Bandara Jangan Terulang

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Menko Perekonomian Hatta Rajasa (tengah).
Foto: Antara/Dhoni Setiawan
Menko Perekonomian Hatta Rajasa (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Terganggunya unit power supply (UPS) di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Ahad (16/12), yang berbuntut pada rusaknya instalasi radar diminta  tidak terulang lagi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan itu di Jakarta, Senin (17/12)

Seperti diketahui bersama, akibat insiden tersebut, sejumlah penerbangan di Soekarno-Hatta mengalami keterlambatan hingga lebih dari satu jam.  "Saya telah meminta kepada Kementerian Perhubungan agar dicari akar permasalahannya," tutur Hatta kepada wartawan di Jakarta, Senin

Hatta menjelaskan, lebih dari setahun lalu, dirinya telah meminta kepada pengelola bandara untuk memodernisasi peralatan navigasi penerbangan, termasuk UPS.  Oleh karena itu, insiden ini seharusnya menjadi titik tolak bagi pengelola bandara untuk melakukan modernisasi.

"Dengan frekuensi lepas landas yang tinggi, sangat riskan kalau ini sampai terjadi lagi," ujar Hatta. Jika insiden serupa terjadi lagi, Hatta menyebut citra Indonesia di mata internasional semakin rusak.

 Sedangkan dari sisi penerbangan, keamanan penerbangan akan terganggu mengingat sejumlah pesawat sempat mengalami kesulitan saat akan mendarat di Soekarno-Hatta.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement