Selasa 22 Jan 2013 15:45 WIB

Mentan Serukan Penanaman Serentak di Lahan Terkena Banjir

Red: Didi Purwadi
Menteri Pertanian Suswono
Menteri Pertanian Suswono

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Menteri Pertanian, Suswono, meminta petani di Kabupaten Serang, Banten, untuk menanam serentak di lahan pertanian yang beberapa waktu lalu tergenang banjir.

"Saya harap bantuan traktor dan pompa air di Kabupaten Serang bisa dimanfaatkan dan dikerahkan seluruhnya untuk mengolah lahan secara serentak," kata Mentan dalam kunjungannya ke Desa Undar Andir, Kabupaten Serang, Banten, Selasa.

Mentan menuturkan pemerintah telah memberikan sekitar 400 traktor dan 200 pompa air kepada Pemerintah Provinsi Banten untuk disalurkan di seluruh wilayah. Salah satunya termasuk Kabupaten Serang.

Ia berharap bantuan dana kontingensi dan koordinasi dengan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bisa membantu agar panen tidak mengalami puso.

"Kita akan berkoordinasi dengan BMKG agar tidak lagi gagal panen,'' katanya. ''Tentu saja saya berharap bantuan dana kontingensi yang cukup besar bisa dimanfaatkan petani.''

Penanaman serentak, menurut Mentan, harus dilakukan melalui koordinasi terpadu bersama penyuluh dan sesuai dengan kalender masa tanam.

"Penanamannya nanti dimohon untuk mengikuti arahan penyuluh yang sudah disiapkan untuk setiap desa. Jenis dan kapan dimulainya juga diharapkan mengikuti kalender masa tanam dari Litbang Kementan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement