Selasa 21 May 2013 09:37 WIB

Disperindag Sediakan 'Running Text' Harga di Pasar Bogor

Red: Nidia Zuraya
Pasar tradisonal di Bogor
Foto: Republika
Pasar tradisonal di Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, Jawa Barat, menyediakan fasilitas layanan informasi harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional berupa monitor teks berjalan (running text).

"Tahap awal, running text harga ini baru disediakan di Pasar Bogor, dan secara bertahap akan kami sediakan di seluruh pasar tradisional di Kota Bogor," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor M Sinaga di Bogor, Selasa (21/5).

Sinaga menjelaskan, penyediaan teks berjalan harga bahan kebutuhan pokok di pasar ini sebagai program pendekatan informasi kepada masyarakat. Layar teks berjalan harga bahan kebutuhan pokok ini ditaruh di depan pasar dari arah Jalan Oto Iskandar Dinata. Sehingga masyarakat yang ingin berbelanja di Pasar Bogor sebelum masuk pasar dapat mengecek harga terlebih dahulu. "Teks berjalan harga kebutuhan pokok ini bisa dilihat dari jarak 50 meter, ukurannya cukup besar," kata Sinaga.

Ia menjelaskan, ada 22 jenis komuditas barang yang harganya ditampilkan di layar teks berjalan di Pasar Bogor. Ke 22 komoditas barang tersebut diantaranya seperti beras, gula, minyak, tepung, daging, daging ayam, telor, kacang tanah, kacang kedelai, bawang, cabe, susu, garam, kentang, tomat, sayur, ikan dan ketela pohon. "Jadi sebelum berbelanja, warga dapat mengecek harga dulu sehingga tahu harga kemahalan atau turun," ujarnya.