Ahad 18 Aug 2013 14:45 WIB

Meriahkan HUT RI di Mal

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: A.Syalaby Ichsan
Penjual Bendera : Penjual menata hiasan nuansa merah putih di sekitar pasar Jatinegara, Jakarta, Minggu (11/8). Menjelang peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus, penjualan bendera, umbul-umbul dan hiasan bernuansa merah putih mulai marak y
Foto: Republika/Prayogi
Penjual Bendera : Penjual menata hiasan nuansa merah putih di sekitar pasar Jatinegara, Jakarta, Minggu (11/8). Menjelang peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus, penjualan bendera, umbul-umbul dan hiasan bernuansa merah putih mulai marak y

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-68 masih terus berlangsung. Lomba-lomba tradisional dan arak-arak di kampung-kampung memang sudah selesai, namun kemeriahannya di kota-kota besar masih terasa.

Di beberapa mal Jakarta yang menggelar beragam penyemarak khas ibukota yang kontemporer. Perayaan di pusat baru gaya hidup masyarakat urban ini lebih banyak mengawinkan unsur tradisi Indonesia dan gaya modern yang kekinian.

Seperti salah satu mal terbesar di Jakarta Barat, Central Park (CP) yang menggelar 'Indonesian Cultural Dance Parade' sebagai salah satu rangkaian acara CP menyambut HUT RI, Extraordinary Indonesia, Sabtu (17/8) lalu di Laguna Atrium CP. 

Parade tari tradisional ini menampilkan tari-tarian khas Indonesia yang sudah mendunia seperti tari Bali, tari Asmat dari Papua, kolaborasi tari saman dan tari kecak juga parade tradisi lain seperti Parade batik.

Kehadiran tari-tari ini mengingatkan kembali akan kebudayaan Indonesia yang sangat beragam dan berkelas dunia, tidak kalah dengan bangsa lain. 

Hal ini juga dapat menambah kecintaan terhadap tanah air mengingat betapa kayanya negeri yang kita pijak ini. Selain parade tradisional, unsur modern pun dituangkan dalam penampilan-penampilan artis ibu kota pada 17-18 Agustus 2013.

Tribeka Park CP dimeriahkan oleh EFA Project (Melanie Subono, Monita Tahalea, Bayu Risa, Eka Deli), Saykoji, Barry Likumahuwa Project, J Flow, Ras Muhammad, Srikandi, d’geprax. Selain itu ada Carnaval,  Wayang Blitz, dan penampilan komunitas Capoeira, Yoyo, B-Boy, Flash Mob dan lainnya. 

Acara musik pun digelar dengan menampilkan Bonita and the Husband pada 23 Agustus 2013 mendatang di Laguna Atrium. 

Deretan band kegandrungan masyarakat masa kini akan memeriahkannya. Seperti Nidji, Kikan & Band, Tangga, Gugun & the Blues Shelter, Beat Boxer, DJ Venom, Darius & Band. HUT RI CP ini juga menghadirkan fashion show yang menampilkan Rianti Cartwright, Yeslin Wang, Teuku Zacky, Ilmira, Fashion Show Damn! I Love Indonesia, penampilan para Fixie Bikers, Skaters, Breakdancers & Dancers.

Sementara Grand Indonesia Shopping Town (GIST), Jakarta Pusat memanjakan pengunjungnya dengan promo belanja, selain penampilan tari budaya Indonesia yang digelar Sabtu (17/8) lalu. GIST mengusung Exotic Indonesia untuk turut memeriahkan kecintaan terhadap Indonesia di hari ulang tahunnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement