Jumat 18 Oct 2013 10:30 WIB

KPK Periksa Adik Tiri Ratu Atut

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Citra Listya Rini
Gedung KPK
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Gedung KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan banyak saksi terkait kasus suap penanganan sengketa pilkada di Kabupaten Gunung Mas dan Lebak di Mahkamah Konstitusi (MK). Salah satunya yaitu Wali Kota Serang yang juga merupakan adik tiri Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Haerul Jaman.

"Ya, Wali Kota Serang diperiksa untuk tersangka TCW (Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha yang ditemui di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (18/10).

Berdasarkan jadwal pemeriksaan yang dirilis KPK, ada banyak saksi yang dijadwalkan diperiksa tim penyidik pada hari ini. Untuk kasus suap sengketa pilkada Lebak, ada sebanyak delapan orang yang akan diperiksa.

Selain Wali Kota Serang, ada juga sopir dari Ketua MK Nonaktif Akil Mochtar, Daryono. Dari beberapa kali pemeriksaan, ia hanya memenuhi panggilan yang pertama. Sedangkan panggilan terakhir, Daryono tidak memenuhi panggilan tersebut.

Saksi lainnya adalah Kurotul Aini, Ferdi Prawiradiredja dan Josep L dari swasta. Juga ada pegawai NIAC Motor, J Wijanarko, pegawai PT Mercindo Autorama, Budi Susilo, pegawai PT Wangsa Indra PErmana, Joni Artanto.

Sedangkan saksi-saksi untuk kasus penanganan sengketa pilkada di Gunung Mas yang diperiksa adalah Ketua KPU Kab Gunung Mas, Kalpin Bangkan dan Sekretaris KPU Kab Gunung Mas, Hapner. Selain itu ada empat anggota KPU Kab Gunung Mas yaitu Tity Yukrisna, Guna, Yusaka Teddy dan Madradiwan.

Keluarga besar Gubernur Banten Ratu Atut memang dikenal menguasai daerah-daerah di Banten. Misalnya adik Atut, Ratu Tatu Chasanah menjabat Wakil Bupati Serang. Adik tiri Atut, Tubagus Haeral Jaman menjabat Wali Kota Serang.

Menantu Atut, Ade Rossi Khairunnisa, menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Serang. Ibu tiri Atut, Heryani, menjabat Wakil Bupati Pandeglang. Adik ipar Atut, Airin Rachmi Diany, menjabat Wali Kota Tangerang Selatan.

Suami Atut, Hikmat Tomet, menjabat anggota Komisi V Bidang Perhubungan DPR. Anak lelaki Atut, Andika Hazrumy, menjabat anggota DPD dari Banten. Dinasti Atut ini terusik karena operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK, yang salah satunya menangkap adik Atut, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan.

Keterkaitan dengan Wali Kota Serang, Tubagus Haerul Jaman diduga terkait dengan sengketa pilkada di Serang yang ditangani MK. Pihak keluarga Atut menyewa jasa tersangka yang juga pengacara, Susi Tur Andayani dalam sengketa ini.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement