Selasa 04 Feb 2014 23:10 WIB

Ada Dua Tokoh Pesaing yang Sejajar untuk Jokowi

Rep: Riga Iman/ Red: Citra Listya Rini
Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini atau Risma dinilai bukan sebagai pesaing yang sejajar bagi Joko Widodo alias Jokowi dalam pencalonan presiden RI.

Sepuluh nama tokoh nasional diprediksi akan mampu bersaing dengan Jokowi. Hal ini berdasarkan hasil survei nasional yang dilakukan Political Communication Institute (Polcomm Institute).

Hasil survei menyebutkan, ada lima sosok dari parpol yang bisa bersaing yakni Tri Rismaharini Priyo Budi Santoso, Hary Tanoesoedibyo, Yusril Ihza Mahendra, dan Puan Maharani. Sementara tokoh non parpol yakni Dahlan Iskan, Irman Gusman, Ali Masykur Musa, Mahfud MD, dan Gita Wirjawan.

‘’Risma dan yang lainya hasil survei Polcomm bukan pesaing yang sejajar bagi Jokowi,’’ kata pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ikrar Musa Bakti, dalam acara diskusi Inilah Demokrasi di Jakarta, Selasa (4/2). Terlebih, Risma yang merupakan kader PDIP sama seperti Jokowi.

 

Menurut Ikrar, hanya ada dua tokoh yang bisa menyaingi Jokowi. Mereka adalah Prabowo Subianto dan Aburizal Bakrie.

Wasekjen PDIP, Hasto Kristianto mengatakan, selain Jokowi masih ada kader lainnya yang dinilai mampu menjadi pemimpin bangsa. Di antaranya Tri Rismaharini, Ganjar Pranowo, dan Puan Maharani.

Namun kata Hasto, keputusan untuk pencalonan presiden nantinya akan ditetapkan Megawati Soekarnoputri. Penetapan mengacu pada suara rakyat dan kemampuan untuk memecahkan persoalan bangsa.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement