Kamis 13 Feb 2014 09:37 WIB

Aher: Sukarno Ingin Bangun Pelabuhan Internasional di Jabar Selatan

Rep: Ari Lukihardiyanti/ Red: Muhammad Hafil
Sukarno Muda
Foto: Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat
Sukarno Muda

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Rencana pembangunan pelabuhan internasional di wilayah Jawa Barat bagian selatan ternyata sudah ada sejak jaman orde lama. Di mana, Presiden RI pertama yakni Sukarno yang memunculkan ide tersebut.

Informasi itu diungkapkan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher). "Pembuatan pelabuhan skala internasional di wilayah Jabar selatan sebenarnya sudah digagas dari sejak dulu oleh Bung Karno," kata Aher, beberapa waktu lalu.

Jadi, kata dia, ide untuk membangun pelabuhan itu bukan ide sekarang.  Tapi, di  zaman Bung Karno, ingin membuat pelabuhan skala internasional di Pelabuhan Ratu sebagai saingan Singapura. 

Hal tersebut, kata dia,  terlihat dari adanya Samudra Beach Hotel yang dibangun sekitar tahun 1960 an. Hotel tersebut, merupakan hotel yang paling mewah kala itu. Bahkan, hotel tersebut  dibangun seiring dengan pembuatan Hotel Indonesia  di Jakarta.

"Dalam pikiran saya itu dalam rangka persiapan Pelabuhan Samudra cuman sampai wafatnya belum terealisasi," katanya. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالَ يٰقَوْمِ اَرَءَيْتُمْ اِنْ كُنْتُ عَلٰى بَيِّنَةٍ مِّنْ رَّبِّيْ وَرَزَقَنِيْ مِنْهُ رِزْقًا حَسَنًا وَّمَآ اُرِيْدُ اَنْ اُخَالِفَكُمْ اِلٰى مَآ اَنْهٰىكُمْ عَنْهُ ۗاِنْ اُرِيْدُ اِلَّا الْاِصْلَاحَ مَا اسْتَطَعْتُۗ وَمَا تَوْفِيْقِيْٓ اِلَّا بِاللّٰهِ ۗعَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْهِ اُنِيْبُ
Dia (Syuaib) berkata, “Wahai kaumku! Terangkan padaku jika aku mempunyai bukti yang nyata dari Tuhanku dan aku dianugerahi-Nya rezeki yang baik (pantaskah aku menyalahi perintah-Nya)? Aku tidak bermaksud menyalahi kamu terhadap apa yang aku larang darinya. Aku hanya bermaksud (mendatangkan) perbaikan selama aku masih sanggup. Dan petunjuk yang aku ikuti hanya dari Allah. Kepada-Nya aku bertawakal dan kepada-Nya (pula) aku kembali.

(QS. Hud ayat 88)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement