Kamis 13 Feb 2014 16:21 WIB

Derita Tiga Anak dengan Virus HIV/AIDS

Rep: Agus Baha'udin/ Red: Bilal Ramadhan
Positif mengidap HIV (ilustrasi)
Positif mengidap HIV (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga bocah kakak-beradik, L (12 tahun), N (6 tahun) dan Na (4 tahun) yang tinggal di Tambora, Jakarta Barat, harus menjalani masa-masa menyedihkan. Di usianya yang masih belia, mereka harus menjalani hidup dengan penyakit HIV/AIDS.

Kondisi mereka semakin diperparah dengan penolakan dari dua rumah sakit untuk merawatnya hanya karena tidak terdaftar dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Untungnya N telah dirawat di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat sejak Selasa (11/2) lalu.

 

Nasib ketiga anak ini sungguh miris. Ketiganya kini sudah tidak memiliki orang tua. Ayahnya SW (37 tahun) dan ibunya NJ (30 tahun) telah meninggal. Diduga keduanya meninggal akibat penyakit yang sama, yaitu terkena virus HIV.

"Ketiga cucu saya, sudah positif terkena virus HIV/AIDS, saya secara pribadi berharap kepada orang dermawan maupun pejabat pemerintah berkenan untuk membantu penyembuhan cucu saya," tutur nenek dari ketiga anak ini, sebut saja Nani (50 tahun), Kamis (13/2).

Nani menjelaskan, sejak ibu ketiga anak itu meninggal tiga bulan lalu. Sejak itu, ia bersama anaknya, Aceng (32 tahun) yang merawat ketiga anak ini. Ia ikhlas menjaga cucu-cucunya itu, meskipun tiap hari selalu prihatin jika membayangkan masa depan bocah-bocah itu.

 

Sementara, N yang saat ini masih dirawat di RSUD Cengkareng, ditunggui oleh para tetangga yang simpatik kepada nasib ketiga bocah malang itu. Hal itu yang membuat Nani sedikit bersyukur. Dia membayangkan, bagaimana jadinya kalau warga setempat tidak membantunya.

"Syukurnya para tetangga di sini baik. Mereka mau membantu anak-anak ini. Kalau anak-anak ini sakit, tetangga saya patungan buat beli obat atau makanan. Bahkan beberapa ibu PKK kemarin menunggui cucu saya, N, di rumah sakit," ujarnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنْ تَكْفُرُوْا فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنْكُمْ ۗوَلَا يَرْضٰى لِعِبَادِهِ الْكُفْرَۚ وَاِنْ تَشْكُرُوْا يَرْضَهُ لَكُمْۗ وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِّزْرَ اُخْرٰىۗ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ مَّرْجِعُكُمْ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَۗ اِنَّهٗ عَلِيْمٌ ۢبِذَاتِ الصُّدُوْرِ
Jika kamu kafir (ketahuilah) maka sesungguhnya Allah tidak memerlukanmu dan Dia tidak meridai kekafiran hamba-hamba-Nya. Jika kamu bersyukur, Dia meridai kesyukuranmu itu. Seseorang yang berdosa tidak memikul dosa orang lain. Kemudian kepada Tuhanmulah kembalimu lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Sungguh, Dia Maha Mengetahui apa yang tersimpan dalam dada(mu).

(QS. Az-Zumar ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement