Kamis 27 Mar 2014 17:22 WIB

Alhamdulillah, Jakarta Utara Sudah Bebas Ranjau Paku

Rep: c69/ Red: Bilal Ramadhan
 Relawan Komunitas Semut Orange menggelar ribuan paku hasil razia ranjau paku di Jalan KH Hasyim Ashari di Jakarta, Ahad (5/1).  (Republika/Yasin Habibi)
Relawan Komunitas Semut Orange menggelar ribuan paku hasil razia ranjau paku di Jalan KH Hasyim Ashari di Jakarta, Ahad (5/1). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADEMANGAN-- Di Jakarta Utara, kini sudah tidak banyak lagi paku-paku tersebar yang dijadikan ranjau bagi pengguna jalan. "Untuk bulan-bulan ini sedang tidak banyak laporan, kami sedang fokus mengurus kampanye," ujar Kepala Urusan Administrasi Tata Usaha (Kaurmintu) Satuan Wilayah Lalu Lintas (Satwilantas) Jakarta Utara, Ipda Aso Sobana, Kamis (27/3).

Dulunya wilayah di Jalan Yos Sudarso, Kelapa Gading adalah wilayah terawan ranjau paku. Menurutnya pelaku yang menyebar paku itu biasanya orang-orang yang memiliki kepentingan dengan adanya ban yang bocor. Namun, tempat itu kini dapat dikatakan aman sejak tahun 2014 ini.

"Dulu ada dua tukang tambal ban saya lihat, sampai sekarang masih ada, sekarang sih sudah nggak ada laporan lagi," ujarnya.

Mereka sendiri belum pernah menangkap pelaku. Biasanya paku-paku itu disebar oleh pelaku dengan menggunakan motor yang dilakuakan pada jam-jam sepi. Petugaspun hanya bergerak ketika ada laporan dari petugas patroli di lapangan yang melihat korban berjalan dengan ban bocor.