Rabu 02 Apr 2014 22:26 WIB

Tahun Politik Membuat Masyarakat Lupa Hari Autis

anak dengan autis. ilustrasi
Foto: etsy
anak dengan autis. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Direktur Rumah Autis, Muhammad Nelwansyah, menilai Hari Autis se-Dunia yang tahun ini peringatannya berbenturan dengan tahun politik (masa kampanye Pemilu Legislatif) membuat sebagian masyarakat lupa.

"Di tahun politik seperti sekarang ini berbagai pihak memang terkesan sibuk dalam urusan partai, bahkan tidak banyak yang melupakan adanya hari kepedulian autis yang diperingati setiap tanggal 2 April," katanya di Bekasi Rabu.

Menurut dia, pada peringatan serupa beberapa tahun sebelumnya, para aktivis dan lembaga yang giat memberikan perhatian pada penyandang autis biasanya melakukan aksi 'walk for outism' di jalan raya sebagai visualisasi aksi dari kepedulian mereka terhadap penyandang autis.

"Tapi hanya pada tahun ini kegiatan itu tidak dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari autis, karena sejumlah pihak baru akan mengagendakan kegiatan tersebut sepekan pascaPemilu Legislatif berlangsung," katanya.

Sementara itu, penyandang autis yang menjalani pendidikan di Rumah Autis, Jalan Al Husna, Jatikramat, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, tetap memperingatinya dengan menggelar kegiatan yang menampilkan kreativitas para siswanya.

Kegiatan itu antara lain adalah kegiatan memasak, melukis payung, hingga menyanyi.

"Hal itu dilakukan sebagai sarana pertunjukan bagaimana kemajuan dari potensi penyandang autis semakin baik. Jangan membandingkan anak-anak yang normal dengan penyandang autis, tinggal bagaimana kemampuan yang mereka bisa lakukan maka kita bimbing," ujarnya.

Pihaknya juga berharap agar masyarakat dan pemerintah tetap bisa memberikan perhatian dan kepedulian pada penyandang autis.

"Jadi hak-hak penyandang autis juga harus dilindungi seperti dengan optimalisasi gerakan advokasi," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement