Kamis 10 Jul 2014 17:22 WIB

Korea Utara Bawa Kasus Film 'The Interview' ke PBB

Kim Jong Un
Foto: Reuters
Kim Jong Un

REPUBLIKA.CO.ID, UNITED NATION -- Korea Utara protes kepada dewan PBB terkait film komedi terbaru yang dibintangi oleh Seth Rogen dan James Franco berjudul 'The Interview'.

Mereka tidak terima karena film tersebut menceritakan upaya pembunuhan pemimpin Kim Jong-Un yang dikemas dalam bentuk komedi. Mereka pun meminta agar peluncuran film tersebut diblokir. Rencananya, film tersebut akan diluncurkan di Amerika Serikat pada 14 Oktober.

Dalam film tersebut, Seth Rogen dan James Franco berperan sebagai dua wartawan tabloid televisi yang berhasil mendapatkan janji wawancara dengan Kim Jong-Un di Pyongyang. Namun, mereka mendapatkan tugas dari CIA untuk membunuhnya.

Duta Besar PBB untuk Korea Utara, Ja Song Nam telah mengirimkan surat kepada Sekjen PBB, Ban Ki-moon pada tanggal 27 Juni lalu. Namun, surat tersebut baru diumumkan pada pekan ini. Dalam surat tersebut tertulis bahwa alur cerita “The Interview” telah menghina dan membunuh pemimpin tertinggi mereka.

“Pihak berwenang Amerika Serikat seharusnya segera mengambil tindakan yang tepat untuk melarang produksi dan pendistribusian film tersebut. Jika tidak (Washington) akan bertanggung jawab penuh karena mendorong dan mensponsori terorisme dan tindakan perang," katanya.

Korea Utara meminta surat tersebut dapat diedarkan sebagai dokumen resmi kepada anggota Majelis Umum dan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa untuk menjadi bahan pertimbangan mereka.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement