Selasa 15 Jul 2014 03:23 WIB

Menteri Luar Negeri AS Terbang ke Kairo Bahas Israel dan Gaza

Rep: c91/ Red: Muhammad Hafil
John Kerry
Foto: Alastair Grant/AP
John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Juru bicara Kementrian Luar Negeri Mesir mengatakan, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry, akan mengunjungi Mesir pada Selasa (15/7) untuk membahas perkembangan terbaru di Jalur Gaza. Beberapa media massa di Mesir pun telah melaporkan hal tersebut.

Melansir Ahram Online, (15/7), sebelumnya pada Ahad malam, Menteri Luar Negeri Mesir, Sameh Shukry,  menerima panggilan telepon dari Kerry, demi membahas eskalasi dalam permusuhan antara Israel dan penguasa Gaza Hamas. Kunjungan Kerry ke Mesir akan menjadi yang kedua dalam waktu kurang dari sebulan. 

Ia terakhir mengunjungi Mesir pada 22 Juni untuk bertemu dengan Presiden baru terpilih, Abdel-Fattah El-Sisi, serta  mendiskusikan perkembangan regional, terutama di Irak dan Suriah. Kunjungan Kerry ke Mesir juga bertepatan dengan sehari setelah pertemuan darurat para menteri luar negeri Arab, yang diadakan di markas Liga Arab, di Kairo.

Pertemuan itu pun diadakan untuk mencari solusi masalah Israel dan Palestina. Kerry sendiri, rencananya akan berada di Wina pada pekan ini, untuk menghadiri pembicaraan mengenai program nuklir Iran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement