Selasa 19 Aug 2014 07:18 WIB

Alhamdulillah, Gencatan Senjata Israel-Hamas Diperpanjang 24 Jam

Red: M Akbar
Seorang anak tengah memegang bendera Palestina di Gaza. Hingga saat ini, pembicaraan damai Israel-Palestina berjalan alot, Hamas selaku otoritas di Gaza menginginkan Israel mencabut blokade. Sebaliknya, Israel menolak usulan tersebut.
Foto: AP
Seorang anak tengah memegang bendera Palestina di Gaza. Hingga saat ini, pembicaraan damai Israel-Palestina berjalan alot, Hamas selaku otoritas di Gaza menginginkan Israel mencabut blokade. Sebaliknya, Israel menolak usulan tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Para juru runding Israel dan Palestina Senin (18/8) menyetujui memperpanjang gencatan senjata sementara di Gaza selama 24 jam.

''Hamas menegaskan perpanjangan itu tetapi menyalahkan Israel atas "sikap keras kepala" dalam perundingan yang melelahkan,'' tulis laporan kantor berita AFP.

Satu gencatan senjata lima hari sebelumnya berakhir pada Senin tengah malam waktu setempat (21.00 GMT). "Kedua pihak telah sepakat untuk 24 jam gencatan senjata mendatang," kata pejabat dari delegasi Palestina di Kairo.

Kantor berita resmi Mesir MENA mengutip satu "pernyataan pejabat Mesir" yang menegaskan perpanjangan gencatan senjata itu.

Perundingan-perundingan berpusat pada usulan Mesir untuk memenuhi beberapa tuntutan Palestina, seperti meringankan blokade Gaza, tetapi menunda batu sandungan perundingan lainnya.

Hamas telah berulang kali memperingatkan pihaknya tidak akan memperpanjang gencatan senjata, menekan untuk segera mendapatkan apa yang akan memungkinkan untuk mengklaim konsesi dari Israel setelah perang empat pekan yang menghancurkan sejak Juli dan Agustus.

"Perundingan-perundingan telah menghadapi kesulitan karena pendudukan sangat keras kepala, dan perpanjangan 24 jam datang sebagai hasil dari permintaan mediator agar memiliki kesempatan lain," tulis pejabat senior Hamas Ezzat al-Rishq di Twitter.

Kelompok gerilyawan telah berada di bawah tekanan baik dari Presiden Palestina Mahmud Abbas maupun Mesir, yang berbatasan dengan Gaza di barat.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement