Sabtu 01 Nov 2014 17:07 WIB

Butuh Rp 1,6 Miliar Bersihkan Danau Maninjau

Red: Yudha Manggala P Putra
Danau Maninjau
Foto: .
Danau Maninjau

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK BASUNG -- Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat membutuhkan dana sebesar Rp 1,6 miliar untuk membeli mesin penyedot limbah pakan ikan yang mengendap di Danau Maninjau.

Kepala Badan Penggelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Agam Azwirman di Lubuk Basung, Sabtu (1/11), mengatakan dana sebesar Rp 1,6 miliar ini digunakan untuk membeli sebanyak delapan unit mesin penyedot limbah pakan ikan dengan harga Rp 200 juta per unit.

"Mesin penyedot ini akan kami serahkan kepada delapan nagari di Kecamatan Tanjung Raya yakni, Nagari Maninjau, Tanjung Sani, Sungai Batang, Bayur, Koto Malintang, Duo Koto, Koto Gadang Ampek Koto dan Koto Kaciak," katanya.

BPLH Kabupaten Agam, kata dia, sudah mengajukan proposal untuk pengadaan mesin penyedot limbah ini ke Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Maninjau, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada awal 2014.

Namun saat ini belum ada realisasinya dan pihaknya terus berupaya untuk mendapatkan bantuan ini, karena BPLH Kabupaten Agam tidak memiliki dana untuk pengadaan mesin penyedot limbah itu.

Azwirman mengatakan, apabila alat penyedot ini sudah ada dan telah beroperasi, maka 10 tahun akan datang pakan ikan yang mengendap di Danau Maninjau itu sudah habis dan air Danau Maninjau menjadi bersih.

"Saya yakin air danau vulkanik ini akan bersih apabila mesin penyedot limbah ini beroperasi setiap hari sampai beberapa tahun kedepan," katanya.

Saat ini, masyarakat hanya memanfaatkan dauh atau alat tradisional untuk membuang limbah pakan ikan. Alat ini tidak optimal untuk membuang pakan ikan.

Sementara jumlah pakan ikan yang masuk setiap bulan ke Danau Maninjau sekitar 800 ton dan perhari sekitar 27 ton dari 17.000 petak keramba jaring apung.

"Kondisi ini, air Danau Maninjau akan semakin tercemar mengakibatkan ikan di danau itu akan mati apabila angin kencang melanda daerah itu," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلْيَوْمَ اُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبٰتُۗ وَطَعَامُ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ حِلٌّ لَّكُمْ ۖوَطَعَامُكُمْ حِلٌّ لَّهُمْ ۖوَالْمُحْصَنٰتُ مِنَ الْمُؤْمِنٰتِ وَالْمُحْصَنٰتُ مِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ مِنْ قَبْلِكُمْ اِذَآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّ مُحْصِنِيْنَ غَيْرَ مُسَافِحِيْنَ وَلَا مُتَّخِذِيْٓ اَخْدَانٍۗ وَمَنْ يَّكْفُرْ بِالْاِيْمَانِ فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهٗ ۖوَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ ࣖ
Pada hari ini dihalalkan bagimu segala yang baik-baik. Makanan (sembelihan) Ahli Kitab itu halal bagimu, dan makananmu halal bagi mereka. Dan (dihalalkan bagimu menikahi) perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan di antara perempuan-perempuan yang beriman dan perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu, apabila kamu membayar maskawin mereka untuk menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan bukan untuk menjadikan perempuan piaraan. Barangsiapa kafir setelah beriman, maka sungguh, sia-sia amal mereka, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi.

(QS. Al-Ma'idah ayat 5)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement