Sabtu 28 Feb 2015 06:11 WIB

Iuran BPJS Kesehatan Bakal Naik

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Ani Nursalikah
  warga binaan Sosial (WBS) menunjukkan kartu BPJS miliknya pada acara penyerahan kartu BPJS Kesehatan di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (24/4).  (Republika/Rakhmawaty La'lang)
warga binaan Sosial (WBS) menunjukkan kartu BPJS miliknya pada acara penyerahan kartu BPJS Kesehatan di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (24/4). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah akan melakukan evaluasi iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menggelar rapat terbatas dengan pemangku kepentingan terkait untuk membahas hal tersebut.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan, 30 persen dana BPJS Kesehatan terserap untuk penyakit-penyakit berat yang membutuhkan biaya mahal untuk pengobatannya, seperti jantung, stroke, gagal ginjal dan kanker.

"Ini harus kita benahi. Kita kaji lagi besarnya iuran," ujarnya di Kantor Presiden, Jumat (27/2).

Nila melanjutkan, peserta BPJS Kesehatan membayar iuran Rp 59.500 perbulan untuk perawatan kelas satu. Sementara, biaya pengobatan bisa mencapai Rp 100 juta hingga Rp 200 juta.

"Ini moral hazard yang bisa terjadi. Hanya bayar Rp 50 ribu, belum tentu bulan selanjutnya membayar. Ini juga tadi dibicarakan bagaimana kita mendidik masyarakat agar saling membantu untuk asuransi sosial," ujar Nila.

Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Dewan Jaminan Kesehatan Nasional (DJKN) terkait kenaikan besaran iuran.

"Kita akan koordinasi dengan DJKN hitung persis angkanya berapa, lalu kita usulkan ke presiden," kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement