Ahad 08 Mar 2015 13:46 WIB

Lombok dan Sumbawa Panen, Harga Beras Diharapkan Turun

Rep: c75/ Red: Bilal Ramadhan
Harga Beras Mulai Naik
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Harga Beras Mulai Naik

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM-- Pemerintah Kota Mataram melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bersama Bulog Divre Nusa Tenggara Barat (NTB) dan pemprov NTB akan menggencarkan operasi pasar (OP) hingga jelang panen pada pertengahan Maret.

Kepala Disperindag, Wartan mengatakan pihaknya tengah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk melakukan operasi pasar kembali jelang panen pada pertengahan Maret. “Kita sudah upayakan dan berkoordinasi dengan provinsi untuk melakukan operasi pasar kembali,” ujarnya kepada Republika di Mataram, Ahad (08/3).

Menurutnya, kenaikan harga beras terjadi secara nasional akibat mekanisme pasar. Sementara, kenaikan bahan pokok lainnya tidak signifikan pasalnya itu merupakan ekses dari kenaikan harga beras.

Selain itu, ia menuturkan berdasarkan data ketahanan pangan provinsi NTB, pada pertengahan Maret, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Sumbawa akan panen. Sehingga, diharapkan harga bisa bergeser turun. “Dipastikan harga bisa bergeser,” katanya.