Rabu 13 May 2015 16:22 WIB

Pendaftaran Pilkada Tanjungbalai Dibuka Juli

Pilkada (ilustrasi)
Foto: berita8.com
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGBALAI -- Komisi Pemilihan Umum Kota Tanjungbalai, Sumatra Utara menjadwalkan tahapan pendaftaran bakal calon pemilihan kepala daerah setempat pada Juli 2015.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungbalai Amrizal di Tanjungbalai mengatakan tahapan tersebut diawali pendaftaran dan penjaringan pasangan bakal calon dari jalur perseorangan yang akan dilaksanakan 11-16 Juni 2015.

Jika dianggap memenuhi persyaratan dukungan melalui verifikasi, calon peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) dari jalur perseorangan itu mendaftar lagi bersama bakal calon dari dukungan parpol atau gabungan parpol.

"Secara serentak, pendaftaran bakal calon dari jalur perseorangan dan dukungan parpol itu dijadwalkan pada 26-28 Juli 2015," katanya, Rabu (13/5).

Ia menjelaskan, untuk pasangan bakal calon dari jalur perseorangan harus mendapatkan dukungan minimal 16.588 warga atau 10 persen dari jumlah penduduk Tanjungbalai berdasarkan data agregat kependudukan per kecamatan.

Bakal calon dari jalur perseorangan tersebut harus mengisi formulir model B1 KWK dengan melampirkan fotokopi KTP dan surat pernyataan dukungan pribadi atau kolektif dari pendukung.

Untuk bakal calon yang didukung parpol, persyaratannya harus mendapatkan dukungan lima dari 25 kursi yang ada di DPRD Kota Tanjungbalai. Bakal calon tersebut juga dapat mendaftarkan diri ke KPU Tanjungbalai dari dukungan parpol yang meraih suara sah dalam Pemilu 2014 dengan jumlah minimal 19.653 suara.

Untuk mencapai jumlah tersebut, parpol-parpol tersebut harus bergabung. "Jumlah itu merupakan 25 persen dari 78.612 suara sah dalam Pemilu tahun lalu," ujarnya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement