Selasa 07 Jul 2015 08:02 WIB

Pesawat Irak tak Sengaja Jatuhkan Bom ke Permukiman

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Kekerasan masih melanda Irak.
Foto: EPA
Kekerasan masih melanda Irak.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Sebuah pesawat perang Irak tak sengaja menjatuhkan bom di wilayah permukiman di Baghdad. Kementerian Pertahanan Negara menyatakan, peristiwa ini terjadi setelah mengalami kegagalan mekanik.

Pejabat mengatakan kepada Al Jazeera pada Senin (6/7), sebuah bom jatuh dari jet tempur Sukhoi Su-25 buatan Rusia. Bom memukul lingkungan kota New Baghdad dan menyebabkan 12 orang tewas atau terluka.

Laporan awal menunjukkan setidaknya tujuh dari ke 12 korban tewas.

"Salah satu bom terjebak karena masalah teknis, dan selama (pesawat) kembali ke markas (bom) itu jatuh pada tiga rumah di Jadida Baghdad," kata juru bicara keamanan Brigadir Jenderal Saad Maan dalam sebuah pernyataan.

Maan mengatakan jet datang setelah kembali dari operasi pemboman saat kecelakaan itu terjadi. Irak menerima Sukhoi Su-25 jet dari Rusia dan Iran tahun lalu, dalam upaya meningkatkan angkatan udara untuk memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْٓا اَنْصَارَ اللّٰهِ كَمَا قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ لِلْحَوَارِيّٖنَ مَنْ اَنْصَارِيْٓ اِلَى اللّٰهِ ۗقَالَ الْحَوَارِيُّوْنَ نَحْنُ اَنْصَارُ اللّٰهِ فَاٰمَنَتْ طَّاۤىِٕفَةٌ مِّنْۢ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ وَكَفَرَتْ طَّاۤىِٕفَةٌ ۚفَاَيَّدْنَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا عَلٰى عَدُوِّهِمْ فَاَصْبَحُوْا ظَاهِرِيْنَ ࣖ
Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penolong-penolong (agama) Allah sebagaimana Isa putra Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia, “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Allah?” Pengikut-pengikutnya yang setia itu berkata, “Kamilah penolong-penolong (agama) Allah,” lalu segolongan dari Bani Israil beriman dan segolongan (yang lain) kafir; lalu Kami berikan kekuatan ke-pada orang-orang yang beriman terhadap musuh-musuh mereka, sehingga mereka menjadi orang-orang yang menang.

(QS. As-Saff ayat 14)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement