Sabtu 08 Aug 2015 12:55 WIB

Diserang, Anggota NATO Tewas di Afghanistan

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Kelompok Taliban.
Foto: Reuters
Kelompok Taliban.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Satu anggota pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Afganistan tewas dalam pertempuran di basis pasukan khusus Kabul, Jumat (7/8) malam.  Pejabat AS mengatakan, dua anggota militan juga ikut tewas dalam pertempuran.

Direktur urusan publik misi pendukung NATO di Afghanistan, Kolonel Brian Tribus mengatakan, otoritas masih mengumpulkan informasi terkait serangan di fasilitas Camp Integrity. Berdasarkan laporan, serangan dimulai dengan bom bunuh diri.

Ia tidak menyebut siapa anggota NATO yang tewas. Kontak senjata ini merupakan satu dari tiga serangan yang menghantam Afganistan pada Jumat malam.

Jet militer dan helikopter berlalu lalang di atas pusat kota hingga Sabtu dini hari. Pasukan berusaha menutup akses ke Kabul.

Sumber keamanan barat mengatakan pemberontak menyerang Camp Integrity dengan bom mobil dan rentetan tembakan.

Perang antara pemerintah pro-Barat dan Taliban semakin menjadi sejak misi NATO berakhir akhir tahun lalu. Kabul pun kerap sering menjadi target serangan.  Belakangan Pemerintah Afghanistan dan Taliban menggelar pertemuan untuk menjajaki perdamaian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement