Kamis 17 Dec 2015 01:01 WIB

Peristiwa Dunia Februari 2015: Malaysia Lecehkan TKI, Brasil Permalukan Indonesia

Red: Didi Purwadi
Gerilyawan Houthi (ilustrasi)
Foto:
Lilin di dekat foto pilot Yordania, Muath al-Kasaesbeh, di depan Museum Mobil Yordania di Amman, Yordania, pada 7 Februari 2015.

JAKARTA -- Indonesia tarik Duta Besarnya di Brasil setelah negara Amerika Selatan itu menunda upacara penyerahan cresidential yang dijanjikan di Istana Negara Brasil, Sabtu (21/2).

Duta besar Indonesia untuk Brasil, Toto Riyanto terpilih menjadi Duta besar baru pada Oktober lalu. Ia telah diundang untuk hadir dalam upacara khusus di istana presiden Brasil pada Jumat. Namun, tiba-tiba undangan dibatalkan.

''Informasi tiba-tiba tentang pembatalan, padahal duta besar telah berada di istana, ini sangat tidak bisa diterima oleh Indonesia,'' kata Kementerian Luar Negeri Indonesia, dalam pernyataan.

Indonesia memutuskan menarik Riyanto pada Jumat malam pukul 22.00 sebagai bentuk protes keras atas tindakan tidak bersahabat tersebut.

Pemerintah Indonesia memanggil pulang Riyanto ke Jakarta sampai jadwal baru penyerahan credentials dipastikan oleh Pemerintah Brasil.

Sementara, Brasil dan Belanda juga telah menarik duta besar mereka dari Indonesia setelah dua warga negara mereka dieksekusi mati karena kejahatan narkoba bulan lalu. (Reuters)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement