Kamis 17 Dec 2015 11:19 WIB

Ini Modifikasi Tubuh Wanita Paling Ekstrem, Salah Satunya Etnis di Indonesia

Wanita suku Kayan memanjangkan leher mereka dengan kalungan besi
Foto: all-that-is-interesting.com
Wanita suku Kayan memanjangkan leher mereka dengan kalungan besi

REPUBLIKA.CO.ID, Akhir-akhir ini, operasi plastik menjadi salah satu cara paling dilakukan dan diterima dalam memodifikasi tubuh wanita. Berdasarkan data the American Society of Plastic Surgeons seperti dikutip all-that-is-interesting.com, operasi dada yang paling populer di AS dan dilakukan sejak 2006 lalu.

Namun ternyata memodifikasi tubuh wanita telah dilakukan sejak dulu kala. Bahkan modifikasi tubuh wanita secara tradisional beberapa di antaranya masih dilakukan hingga saat ini dan masih bertahan sebagai lambang kecantikan seorang wanita.

Berikut modifikasi tubuh paling ekstrim di dunia:

1. Pemanjangan leher di suku Kayan, Myanmar

Para wanita suku Kayan di Myanmar melakukan modifikasi tubuh sangat ekstrim dengan menggunakan kalungan besi di sekitar leher mereka untuk membuatnya lebih ramping dan panjang. Akan tetapi kenyataannya, leher tidak memanjang. Namun tulang selangka menjadi cacat dan turun ke bawah karena tekanan dari beratnya kalungan besi. Sehingga tulang rusuk pun ikut ke bawah.

Para wanita suku ini mulai memakai kalungan besi sejak berusia lima tahun. Setelah berusia 10 tahun, banyak wanita suku ini merasa kalungan besi di leher mereka sudah seperti bagian tubuh mereka. Saat kalungan besi ini harus diganti dengan yang baru, leher mereka terlihat memar dan berubah warna.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement