Sabtu 19 Dec 2015 01:01 WIB

Peristiwa Dunia April 2015: Lukisan Merah Putih Berdarah, Rahasia ISIS Terbongkar

Red: Didi Purwadi
Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.
Foto:
imigran Libya ke Italia

ROMA -- Sekitar 400 migran asal Libya tewas dalam upaya mereka mencapai Italia. Mereka tewas setelah kapal yang mereka tumpangi tebalik di perairan Mediterania.

Organisasi Save the Children melaporkan, perahu membawa sekitar 550 migran terbalik sekitar 24 jam setelah meninggalkan pantai Libya. Sekitar 150 korban berhasil diselamatkan dan dibawa ke Pelabuhan Italia selatan pada Selasa (14/4) pagi. Banyak dari korban merupakan anak-anak dan remaja.

Michele Prosperi dari Save the Children mengatakan pada BBC bahwa mereka masih berusaha mencari tahu berapa banyak remaja di atas kapal tersebut.  "Ada beberapa anak di bawah umur di antara mereka yang selamat," katanya.

Petugas penjaga pantai Italia mengatakan, diasumsikan ada banyak korban tewas. Hal ini, menurutnya, mengingat ukuran kapal dan telah ditemukannya sembilan mayat.

Penjaga pantai telah menyelamatkan 144 orang pada Senin (13/4) dan segera melancarkan operasi pencarian di udara dan laut dengan harapan menemukan korban lain. Tapi tak ada korban atau mayat yang ditemukan.

Organisasi Migrasi Internasional memperkirakan sekitar 3072 migran diyakini telah tewas di Mediterania pada 2014. Angka tersebut meroket tajam dibanding 2013 yang diperkirakan terdapat 700 korban. (Reuters/AP)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement