Jumat 05 Feb 2016 01:47 WIB

Selundupkan Satwa Dilindungi, Penumpang Asal Cina Di-blacklist

Rep: C35/ Red: Julkifli Marbun
illustration
illustration

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Petugas Aviation Security (Avsec) di Pintu 1D, Terminal 2 keberangkatan menggagalkan aksi penyelundupan Cheuk Wai Ho (32). Pria asal Cina yang merupakan penumpang Chatay Pasific ini membawa satwa dilindungi dari Jakarta untuk menuju Hongkong.

Aksi penyelundupan itu terjadi pada Rabu (3/2) malam. Namun aksi penyelundupan itu gagal ketika petugas Avsec mencurigai koper milik Cheuk Wai Ho. Setelah diperiksa, ternyata benar, mereka menemukan 15 ekor ular, delapan ekor biawak dan juga satu ekor kura-kura.

"Petugas lalu memeriksa seluruh barang bawaan milik Cheuk Wai Ho untuk memastikan kembali isi dari tas koper milik terduga," kata Yudis Tiawan Manager Humas dan Protokoler Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (4/2).

Adapun petugas Avsec yang menemukan barang tersebut yakni Ika Arisanti bersama dengan M Rizky. Kemudian mereka melaporkan hasil pemeriksaan itu kepada Supervisornya Abdul Rohim dan Chief Supervisor Tatang Sanjata. Kemudian mereka berkoordinasi dengan pihak Balai Karantina untuk diserahterimakan.