Rabu 29 Jun 2016 19:42 WIB

Kiat Memilih Daging Sapi yang Aman dan Halal

Rep: C35/ Red: Yudha Manggala P Putra
Daging sapi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Foto: ROL/MGROL72
Daging sapi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Masih terungkapnya penjualan daging oplosan di beberapa wilayah Tanah Air mendorong masyarakat agar lebih waspada ketika membeli bahan makanan kaya protein tersebut. Pastikan sebelum dibeli daging sapi aman, sehat, dan tentunya halal.  

Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementerian Pertanian Sri Mukartini memberikan beberapa kiat memilih daging sapi yang aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH). Salah satunya, pilihlah daging sapi yang baik yakni yang berwarna merah dan segar. Waspadalah jika mendapati dagin yang berwana pucat dan kotor.

Kuat lain adalah memperhatikan aroma juga rasanya ketika diolah. "Daging berkualitas baik mempunyai rasa gurih dan aroma yang sedap," ujar Sri dalam sosialisasi keamanan mengkonsumsi daging di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa (28/7).

Ia menambahkan, ciri daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Daging yang segar juga memiliki aroma yang segar pula atau dengan kata lain memiliki bau khas sapi. Sementara itu daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam.