Ahad 28 Aug 2016 22:33 WIB

Virus Zika Menjangkiti Penduduk Singapura

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Bilal Ramadhan
Nyamuk penyebar virus Zika
Foto: VOA
Nyamuk penyebar virus Zika

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Zika sudah menjangkit negara tetangga Indonesia, Singapura. Otoritas mengonfirmasi 41 kasus penularan virus tersebut secara lokal, tidak terkait infeksi dari negara wabah lain. Kasus pertama dilaporkan pada Sabtu (27/8).

Dalam pernyataan Kementerian Kesehatan (MOH) dan National Environment Agency (NEA) pada Ahad (28/8), sebanyak 36 kasus terjadi pada pekerja konstruksi asing di situs Aljunied, Singapura bagian tenggara.

Kasus pertama terjadi seorang perempuan asal Malaysia berusia 47 tahun di Aljunied. Ini merupakan kasus penularan secara lokal pertama zika di Singapura. "MOH tidak bisa mengenyampingkan kemungkinan penularan lainnya di Singapura, karena banyak yang telah diuji positif tinggal di Singapura," katanya.

Pemerintah juga memperkirakan akan ada banyak penduduk teruji positif zika. Sejauh ini, otoritas telah menguji 124 orang. Sebagian besar merupakan pekerja konstruksi. Sebanyak 78 orang teruji negatif dan lima kasus tertunda. Sebanyak 43 pasien telah sembuh total.