Selasa 04 Oct 2016 13:54 WIB

8 Kecamatan di Kabupaten Bandung Langganan Banjir

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Hazliansyah
Warga melintas menggunakan motor saat banjir di Jalan Raya Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (3/10).
Foto: Republika/Mahmud Muhyiddin
Warga melintas menggunakan motor saat banjir di Jalan Raya Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (3/10).

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Dari 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung, sebanyak 16 kecamatan masuk dalam kategori rawam banjir. Sementara delapan kecamatan lainnya merupakan daerah langganan banjir.

Kepala Seksi Pencegahan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Yos Suroso mengatakan, delapan kecamatan tersebut yaitu Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Banjaran, Rancaekek, Majalaya dan Pameungpeuk atau Solokan Jeruk.

"Delapan kecamatan menjadi wilayah yang rutin terkena banjir dari luapan sungai Citarum," ujarnya kepada wartawan di Kabupaten Bandung, Selasa (4/10).

Kedelapan kecamatan tersebut yang rutin terkena banjir berada pada ketinggian air menengah dan tinggi. Pihaknya terus meningkatkan kapasitas masyarakat terutama komunitas lingkungan yang ada untuk pengurangan risiko bencana.

 

Ia menuturkan, BPBD terus melakukan upaya penanganan terhadap warga yang terkena dampak banjir yaitu sosialisasi tentang ancaman dan risiko bencana di daerah yang rawan banjir. Serta melakukan pelatihan kepada masyarakat dan aparatur desa.

Yos mengatakan pihaknya terus melakukan kesiapsiagaan darurat siaga dan berkoordinasi dengan pihak dinas terkait untuk melakukan mitigasi bencana.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement