Jumat 02 Dec 2016 18:29 WIB

Hujan Sempat Menghentikan Langkah Jokowi Menuju Monas

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Ilham
Jutaan Jamaah Aksi Bela Islam III menjelang pelaksanaan Shalat Jumat memadati area Monumen Nasional Jakarta, Jumat (2/12).
Foto: Republika/ Yogi Ardhi
Jutaan Jamaah Aksi Bela Islam III menjelang pelaksanaan Shalat Jumat memadati area Monumen Nasional Jakarta, Jumat (2/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo memutuskan meninjau pengerjaan renovasi Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada Jumat (2/12), pagi. Peninjauan itu ia lakukan saat massa dari berbagai daerah mulai memenuhi Monas dalam aksi Bela Islam Jilid III.

Jokowi didampingi menteri terkait, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. GBK sendiri merupakan lokasi utama yang akan menjadi tempat pelaksanaan Asian Games 2018.

Tiba di Kompleks GBK sekitar pukul 08.00 WIB, Jokowi langsung masuk ke area stadion utama. Stadion tersebut tengah dirombak total demi menyambut pesta olahraga terbesar di Asia pada 2018, mendatang. Di Stadion GBK, ia sempat mencoba beragam jenis model kursi penonton yang nantinya akan dipasang di stadion kebanggaan masyarakat Indonesia tersebut.

Jokowi kemudian berjalan menuju ke tengah lapangan stadion untuk melihat sejauh mana progres renovasi secara keseluruhan. "Stadion, kolam renang aquatik, lapangan basket, lapangan softball, termasuk nanti penataan landscape di kawasan ini kita harapkan selesai November 2017. Sampai sekarang progresnya sudah hampir 11 persen," ujarnya pada wartawan.

Jokowi sempat ditanya mengenai kegiatan yang akan ia lakukan selanjutnya. Namun, ia mengaku belum membuat keputusan mengenai hal tersebut. "Yang jelas nanti saya shalat Jumat. Di mananya belum (tahu)."

Dari stadion, Jokowi dan rombongan menuju arena kolam renang aquatik yang masih berada di dalam Kompleks GBK. Usai meninjau sekitar 10 menit, ia meninggalkan kawasan Senayan untuk kembali ke Istana Kepresidenan Jakarta.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, begitu tiba di kantor tempatnya bekerja, ia melakukan rapat kecil di teras belakang Istana Merdeka dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno serta Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi Sapto Pribowo.

Jelang memasuki waktu shalat Jumat, belum juga ada informasi di mana ia akan menunaikan ibadah tersebut. Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Mahcmudin mengatakan, ada tiga opsi tempat yang kemungkinan akan dipilih Presiden, yakni Masjid Baitul Rahim yang berada di dalam Istana, Masjid Istiqlal atau Monas.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement