Kamis 22 Dec 2016 10:45 WIB

Menteri Yohana: Ibu-Ibu Indonesia Mari Terus Berkarya

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Esthi Maharani
 Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise  (Republika/Darmawan)
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise (Republika/Darmawan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise, mengajak para ibu Indonesia untuk terus berkarya. Yohana juga mengingatkan potensi para perempuan yang sama baiknya dengan laki-laki.

"Saya mengucapkan selamat hari ibu kepada ibu-ibu di seluruh Indonesia. Saya mengharapkan peringatan ini menjadi momentum bagi para ibu untuk terus berkarya dan berinovasi dalam bidang masing-masing," ujar Yohana di Jakarta, Kamis (22/12).

Menurut Yohana, para ibu dan perempuan pada umumnya memiliki potensi yang setara dengan laki-laki. Komitmen mereka untuk berinovasi dapat semakin meningkatkan kesetaraan perempuan.

"Inovasi dari para perempuan akan meningkatkan harkat dan martabat mereka. Ini juga sesuai dengan semangat planet 50/50 yang ingin dicapai Indonesia pada 2030 mendatang," lanjut dia.

Yohana menambahkan Indonesia masuk dalam 10 negara yang berkomitmen menjalankan program planet 50/50 . Program tersebut memiliki tujuan utama tercapainya kesetaraan gender pada 2030.

Hari ibu yang jatuh pada 22 Desember merupakan peringatan peran para ibu dalam kongres perempuan pertama di Yogyakarta pada 1928. Kongres yang pada saat itu diikuti 30 organisasi perempuan di seluruh nusantara tersebut dihadiri para ibu dan aktivis perempuan.

Dalam kongres, dibahas isu-isu penting seputar perempuan dan peran perempuan Indonesia dalam pergerakan nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement