Ahad 22 Jan 2017 12:08 WIB

Dua Daerah Belum Selesai Cetak Surat Suara Pilkada

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Nur Aini
Pekerja melipat surat suara di Kantor KPU Batu, Jawa Timur, Selasa (17/1).
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Pekerja melipat surat suara di Kantor KPU Batu, Jawa Timur, Selasa (17/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ferry Kurnia Riskiyansyah, mengatakan proses pencetakan surat suara untuk Pilkada Serentak 2017 hampir selesai. Lebih dari 30 satuan kerja (satker) Pilkada Serentak telah meneriba distribusi surat suara.

"Hingga hari ini, proses produksi surat suara telah mencapai 90 persen," ujar Ferry ketika dikonfirmasi Republika.co.id, Ahad (22/1).

Surat suara untuk wilayah Indonesia timur pun, kata dia, sudah selesai dicetak sejak pekan lalu. Namun, ada dua daerah, yakni Kabupaten Maybrat (Provinsi Papua Barat) dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (Provinsi Maluku) yang belum menyelesaikan proses produksi surat suara.

Kedua daerah itu baru menyerahkan desain surat suara pada Sabtu (21/1) sore.  Menurut Ferry, produksi surat suara untuk kedua daerah akan dimulai pada Senin (23/1). "Pencetakan surat suara diperkirakan selesai dalam satu hari, " ujarnya.

Sementara itu, sebagian besar surat suara Pilgub Papua Barat yang dicetak di Makassar sudah siap didistribusikan. Berdasarkan pantauan tim logistik KPU RI, lebih dari 30 satker Pilkada sudah menerima distribusi surat suara.

"Distribusi sebagian besar surat suara akan diterima oleh satker pada pekan depan. Sebab, pencetakan mayoritas sudah selesai. Beberapa daerah juga sudah mulai menyortir surat suara, misalnya Provinsi Banten, Kabupaten Cilacap, Kota Banda Aceh, Kabupaten Pidie, Kabupaten Musi Banyu Asin dan Provinsi Gorontalo," ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement