Kamis 09 Feb 2017 00:06 WIB

Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) Bentuk Petani Mandiri

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri
Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) Bentuk Petani Mandiri.
Foto: Dok: APP Sinarmas
Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) Bentuk Petani Mandiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka membantu Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melakukan berbagai program, salah satunya Desa Makmur Peduli Api (DMPA). Program ini diharapkan mampu memperbaiki kebiasaan masayarakat dalam hal pengelolaan lahan tani tanpa melakukan pembakaran lahan.

Salah satu mitra perusahaan APP Sinar Mas yang turut digandeng dalam program ini, PT Bumi Andalas Permai (BAP), turut berperan dalam memasok bahan baku pulp dan kertas. Tak lupa, petani dari Kecamatan Air Sugihan juga turut digandeng agar dapat melakukan kerjasama Pemanfaatan Tanaman Kehidupan.

"20 persen lahan konsesi dari lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) perusahaan dikelola masyarakat Kecamatan Air Sugihan," terang Social and Comodity Development PT BAP, Iwan Hendri Rabu (8/2).

Pengelolaan yang melibatkan petani lokal ini diharapkan dapat mendorong kemandirian petani dalam memanfaatkan tanaman kehidupan. Dengan begitu aksi pembakaran lahan juga diharapkan terhenti.