Selasa 14 Feb 2017 15:55 WIB

Warga Adelaide Jadi Pemulung Sampah di Dasar Laut

Pembersih laut Kate Wilkins mengumpulkan sampah dari dasar laut.
Foto: ABC
Pembersih laut Kate Wilkins mengumpulkan sampah dari dasar laut.

REPUBLIKA.CO.ID, ADELAIDE -- Instruktur penyelam asal Adelaide, Australia, Kate Wilkins sangat kesal melihat sampah saat menyelam, dia memutuskan untuk melakukan sesuatu mengenai hal itu.

"Saya instruktur selam, sehingga saya banyak menghabiskan waktu saya dibawah air," ucap Kate Wilkins kepada ABC Adelaide Drive.

"Saya melihat banyak serpihan di laut dan juga benda-benda peralatan memancing yang tersangkut dibawah air sana."

Kate Wilkins memulai akun Facebook dan Instagram 'Sea Janitor' atau 'tim kebersihan laut' dan berencana untuk menyelam setiap hari selama bulan Februari ini di sepanjang perairan di pantai-pantai di Adelaide untuk menyingkirkan sampah-sampah dari dasar laut tersebut.

Dia mengatakan ada banyak sampah dibawah laut yang umumnya tidak dapat terlihat dan tidak menjadi keprihatinan bagi kebanyakan orang.

Nelayan di dermaga di Pantai Henley.
Dermaga merupakan tempat pertemuan populer bsagi beberapa orang tapi juga tempat membuang sampah bagi yang lainnya.

ABC Adelaide: Brett Williamson

"Ada banyak benda-benda yang kami pikir harusnya dibuang ke tempat sampah (didarat) tapi justru malah berakhir di lautan."

Kate Wilkins mengatakan dia berusaha menambah jam menyelamnya setiap hari yang difokuskan pada kegiatan mengumpulkan sampah kedalam sebuah tas berbentuk jaring yang dikenal sebagai tas hasil tangkapan. "Saya menggunakan sarung tangan ketika melakukan pengumpulan sampah, karena banyak dari sampah-sampah itu sangar tajam. Saat ini kegiatannya berjalan dengan baik seiring dengan saya berhasil mengumpulkan banyak benda - yang saya harap saya tidak perlu lakukan, tapi saya lakukan saat ini."

Kate Wilkins mengatakan dia sengaja menyasar kawasan dermaga yang bukan menjadi tempat yang biasa dikunjungi para penyelam lokal untuk memastikan kawasan yang jarang dikunjungi juga tetap dirawat. "Dermaga Brighton dan Glenelg merupakan kawasan yang sering digunakan untuk memancing tapi tidak pernah menjadi kawasan penyelaman, sehinga disana ada banyak benda yang saya temukan."

Gelang emas, sepeda motor listrik, botol, gunting, kaleng, peralatan memancing, kacamata, dan mainan yang semuanya dimasukan kedalam tas tangkapan sampah miliknya. Wilkins juga menggunakan proyek ini sebagai upaya untuk menggalang dana untuk lembaga amal 'Sea Shepherd' dan 'Project Aware'.

"Kedua lembaga amal ini memiliki kegiatan dokumentasi kartu data, sehingga saya mendokumentasikan semua benda-benda yang saya temukan dan melaporkan hal itu kembali kepada mereka.

Dia mengatakan selama sebulan berencana untuk menyelami beberapa dermaga lebih sering untuk menyingkirkan sebanyak mungkin sampah dari kawasan itu. "Saya berharap ke depan pada akhir bulan saya benar-benar tidak menemukan benda apa pun di bawah laut di dermaga, tapi kita masih harus menanti bagaimana akhirnya nanti."

Kate Wilkins dibawah dermaga di Henley Beach.
Kate Wilkins menyelam di dermaga seharian untuk membersihkan perairan di sekitar Adelaide.

ABC Adelaide: Brett Williamson

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/sosok/menyelam-membersihkan-dasar-laut-dari-sampah/8267138
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement