REPUBLIKA.CO.ID, WAKAYAMA -- Olahraga sepeda menjadi salah satu sarana andalan bagi dua mantan menteri untuk mempromosikan Indonesia di luar negeri. Mereka adalah mantan Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel yang mengkampanyekan investasi dan wisata Tanah Air di Jepang.
Tak tanggung-tanggung, keduanya membawa pula sekitar 20 orang untuk meramaikan tur sepeda pada Minggu, 26 Maret 2017 di prefektur Wakayama, Jepang. Turut dalam rombongan tersebut antara lain aktor film Leroy Osmani, presenter televisi Farhan dan Direktur Eksekutif Japan External Trade Organization (Jetro) Daiki Kasugahara.
"Kami meramaikan Wakayama Tour yang diikuti ribuan peserta dan menyelesaikan tantangan rute berjarak tempuh 60 kilometer," kata Saleh Husin.
Peserta lainnya berasal dari prefektur tersebut maupun daerah sekitarnya seperti Osaka, Nara, dan Tokushima. Acara di Negeri Sakura itu juga dimanfaatkan untuk berbincang dengan para pelaku bisnis Jepang sekaligus mendorong mereka terus meningkatkan investasi di Indonesia.
Sebelumnya, Saleh Husin sendiri telah beberapa kali mengunjungi Jepang dan menjalin komunikasi dengan para pemimpin perusahaan serta investor Jepang. Sedangkan Rachmat Gobel dikenal memiliki jejaring bisnis yang kuat, aktif mempererat kerja sama industri kedua negara dan telah lama menjalin bisnis bersama pengusaha Jepang.
"Pendekatan dengan para pelaku usaha di Jepang melalui olahraga merupakan langkah sangat tepat karena acaranya lebih santai dan bersahabat. Bahkan kita mendapat dua manfaat sekaligus yaitu promosi wisata Indonesia dan dapat menarik investasi Jepang ke Indonesia," ujar Saleh Husin.
Senada, Rachmat Gobel mengatakan para peserta dan pebisnis mengikuti acara dengan antusias dan penuh suasana kebersamaan. "Semoga tahun depan semakin meriah karena 2018 merupakan perayaan 60 tahun persahabatan Indonesia-Jepang dan juga akan digelar acara bersepeda seperti ini yang tentu saja melibatkan para pelaku industri dari Jepang," kata dia.
Kostum yang dikenakan rombongan pun sengaja didesain untuk menarik minat warga Jepang berkunjung ke Indonesia. Dengan tagline 'Wonderful Indonesia', foto dua obyek wisata disematkan pula pada jersey sepeda yaitu Candi Borobudur dan Kepulauan Raja Ampat.