Rabu 12 Jul 2017 21:57 WIB

Survei: Elektabilitas Gus Ipul Tertinggi di Jatim

Red: Bilal Ramadhan
Wakil Gubernur Jawa Timur, H Syaifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul.
Foto: Republika/Heri Purwata
Wakil Gubernur Jawa Timur, H Syaifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Lembaga survei Surabaya Survei Center (SSC) mencatat elektabilitas bakal calon gubernur Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul tertinggi menjelang Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur dengan raihan 26,6 persen dukungan.

"Gus Ipul tertinggi di elektabilitas dibandingkan kandidat-kandidat lainnya," ujar Direktur SSC Mochtar W Oetomo di sela rilis hasil survei kontestasi Cagub-Cawagub Jatim di Surabaya, Rabu (12/7).

Ia menjelaskan, elektabilitas merupakan tingkat keterpilihan atau kandidat yang paling berpeluang untuk dipilih pada Pilkada yang dijadwalkan berlangsung 27 Juni 2018. Di bawah Gus Ipul adalah Tri Rismaharini dengan 24,1 persen dukungan, kemudian disusul Khofifah Indar Parawansa 16,8 persen dukungan, Abdullah Azwar Anas 5,5 persen dukungan dan diikuti La Nyalla Mattalitti dengan 4,4 persen dukungan.

Dari sisi aseptabilitas atau paling disukai, Tri Rismaharini memimpin dengan 75,8 persen dukungan, kemudian Gus Ipul dengan 75,5 persen dukungan dan Khofifah Indar Parawansa dengan 67,9 persen dukungan, serta Mahfud MD dengan 39 persen dukungan.